LiputanNasional

Inflasi Pada Lebaran Tahun Ini Lebih Terkendali

BTN iklan

Jakarta/Lei – Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Suhariyanto mengatakan laju inflasi pada periode Lebaran 2017 lebih terkendali dibandingkan tingkat inflasi pada periode Lebaran tahun-tahun sebelumnya.
Image result for inflasi
“Secara umum inflasi pada Lebaran 2017 lebih terkendali dari tahun sebelumnya,” kata Suhariyanto dalam jumpa pers di Jakarta, Senin.

Suhariyanto mengatakan laju inflasi pada periode Lebaran 2017 yang jatuh pada Mei sebesar 0,39 persen dan Juni sebesar 0,69 persen, lebih rendah dibandingkan periode Lebaran dalam tiga tahun terakhir.

Menurut dia, hal itu terjadi karena inflasi dari bahan makanan bisa dikendalikan karena pemerintah mampu menjaga stabilisasi harga bahan pangan.

“Kalau dijumlahkan pengaruh inflasi pada Lebaran tahun ini hanya 1,08 persen. Hal yang berpengaruh karena harga bahan makanan relatif terkendali dibandingkan Lebaran tahun sebelumnya,” ujarnya.

Pada Lebaran 2014 yang jatuh pada periode Juni dan Juli, inflasi tercatat masing-masing sebesar 0,43 persen dan 0,93 persen. Hal serupa terjadi pada Lebaran 2015 yang juga terjadi pada Juni dan Juli, dengan inflasi tercatat masing-masing sebesar 0,54 persen dan 0,93 persen.

Sedangkan, pada Lebaran 2016 yang terjadi pada periode Juni dan Juli, inflasi tercatat masing-masing sebesar 0,66 persen dan 0,69 persen.

Sebelumnya, BPS mencatat inflasi pada periode Lebaran 2017 lebih disebabkan oleh kenaikan tarif listrik, tarif angkutan udara dan tarif angkutan antarkota.

Harga-harga bahan pangan seperti beras, daging ayam ras, cabai merah, bawang putih, cabai rawit, daging sapi dan tomat sayur dalam periode ini tidak mengalami kenaikan drastis.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close