Lifestyle

Ingin Beli Sedan Bekas Keluaran Eropa?

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Mungkin bagi sebagian orang, sedan bekas keluaran Eropa menjadi impian pribadi untuk dimiliki. Meski terbilang uzur, daya tarik dari reputasi merk kendaraan tersebut jadi motivasi utama.

Keterjangkauan pada model seperti ini pun muncul dengan adanya depresiasi harga kendaraan yang cukup tajam pada deretan merk asal Eropa atau Amerika tersebut. Dengan modal yang cukup, konsumen bisa memperoleh varian sedan dari jajaran lini produk merk premium.

Terlepas dari ketersediaan barang di pasar, rupanya ada batasan psikologis tersendiri mengenai rentang banderol sedan bekas Eropa ini. “Hal ini terbilang unik. Sedan keluaran Eropa tertentu rilisan sebelum 2008 sekarang dijual antara Rp30 juta sampai Rp70 juta apapun serinya,” ujar Senior Manager Bursa Mobil Bekas WTC Mangga Dua, Herjanto Kosasih.

Pengecualian bisa terjadi dengan adanya model ikonik yang berkaitan dengan era tertentu. Salah satunya adalah jenis BMW Seri 3, yang sempat dikenal luas pada era 1980an berkat film Catatan Si Boy. “Model itu bisa mencapai kisaran Rp100 Juta harganya di pasaran,” kata Herjanto menjelaskan.

Bagi sejumlah pegiat mobil bekas keluaran Eropa, keandalan dan kenyamanan khas kendaraan premium menjadi kenikmatan bernilai. Walaupun terdapat sejumlah biaya rutin serta perawatan yang harus mereka keluarkan.

Hal ini diungkapkan oleh Kristian, pemilik kendaraan merk Mercedes keluaran 1980an. Baginya kendaraan premium klasik masih bisa dipergunakan secara rutin asalkan memperoleh unit dengan kondisi prima. “Kekurangannya mungkin cuma masalah biaya bahan bakar,” ujarnya

Keberadaan sejumlah bengkel khusus mobil keluaran Eropa membantunya mendapatkan komponen atau suku cadang pengganti. Belakangan ia melakukan penggantian kampas rem salah satu mobilnya, yang berdiam cukup lama di garasi. “Ongkos perbaikannya mencapai sekitar Rp1 juta,” pungkas Kristian. [Okezone]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami