BTN ads
InternasionalTekno

Ingin dorong inovasi peluncuran roket, DARPA gelar Launch Challenge

(LEI)– Defense Advanced Research Projects Agency (DARPA), badan penelitian teknologi militer Amerika Serikat, telah mengumumkan kompetisi Launch Challenge yang bertujuan mendorong inovasi baru dalam mempercepat proses peluncuran roket. Kompetisi yang terbuka untuk umum ini mengharuskan tim partisipan mengembangkan sistem untuk meluncurkan dua roket ke orbit rendah di tempat yang berbeda, dengan interval beberapa hari, dan dengan pengumuman mendadak.

Para tim akan dinilai bukan hanya dari ketangkasan dan kecepatan, tetapi juga dari ketepatan tujuan, beban yang dibawa, serta massa roket. Dalam kompetisi yang akan digelar pada akhir tahun 2019 ini, DARPA menawarkan US$10 juta (sekitar Rp 139 miliar) kepada juara pertama, US$9 juta (sekitar Rp 125 miliar) kepada juara kedua, dan US$8 juta (sekitar Rp 111 miliar) kepada juara ketiga.

Inovasi yang diperoleh melalui kompetisi ini diharapkan akan membantu mempercepat proses peluncuran roket yang memakan waktu berbulan-bulan atau bertahun-tahun menjadi beberapa hari saja. Ini akan sangat berguna bagi militer–yang dapat mempercepat peluncuran satelit spionase dan komunikasi–serta industri wisata antariksa, yang dapat mempercepat jadwal penerbangan mereka sehingga harga bisa lebih terjangkau.

Sumber: Engadget

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close