Kesehatan

Ini Kebiasaan Jorok yang Bisa Menginfeksi Tubuh Tanpa Sadar Anda Lakukan

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Anda merasa sudah hidup bersih, tapi masih saja terkena penyakit? Awas, siapa tahu penyebab penyakit anda adalah karena rutinitas yang tak anda sadari. Melansir dari news.com.au, Senin (9/10/2017), berikut kebiasaan yang membuat tubuh terserang infeksi;

Membawa ponsel ke toilet


Hampir semua orang tentu pernah kebiasaan ini. Membawa ponsel saat melakukan aktivitas di toilet. Padahal menyentuh ponsel saat sedang di kamar mandi adalah hal yang buruk. Sekalipun Anda sudah menyuci tangan. Menurut seorang ahli mikrobiologi di London Metropolitan University, kursi, pegangan, wastafel dan keran toilet ditutupi kuman salah satunya E. coli.

Bakteri tersebut bisa menyebabkan infeksi saluran kemih dan penyakit usus. Apalagi ponsel seringkali di bawa kemanapun kita pergi. Mulai dari meja makan, naik transportasi umum, main ponsel di toilet, hingga berolahraga di pusat kebugaran.

Untuk menghindari penyebaran virus akibat ponsel, pastikan Anda sudah mencuci tangan sebelum memegangnya dan membersihkan permukaan ponsel dengan lap anti bakteri.

Meletakkan tas di sembarang tempat
Masih berhubungan dengan toilet. Ada orang yang malas untuk menggantungkan tasnya di tempat yang telah disediakan. Dia lebih memilih meletakkan tas di atas lantai. Padahal di lantai toilet banyak sekali bakteri dan kuman yang membahayakan kesehatan. Selain itu, perhatikan pula kondisi dalam tas. Tak jarang orang lupa bahwa dirinya menyimpan sisa makanan yang akhirnya jika tidak buang menjadi tempat perkembang biakan bakteri.

Menggigiti remote
Secara tidak sadar mungkin Anda pernah melakukan hal ini. Di saat kebingungan menentukan program acara yang hendak ditonton maupun sedang menikmati program acara yang berlangsung, tak jarang aktivitas menggigit remote itu muncul. Jika Anda termasuk orang yang seperti itu, cobalah hentikan kebiasaan tersebut mulai sekarang. Ingatlah bahwa remote TV tidak selalu bersih. Apalagi jika tergeletak di lantai atau dijilat hewan peliharaan yang ada di rumah.

Tidak melepas alas kaki
Siapa di antara Anda yang memiliki kebiasaan membawa sepatu atau sandal masuk ke rumah? Sadarkah Anda bahwa kebiasaan itu membantu penyebaran virus dan bakteri? Tentu Anda sudah pergi ke berbagai tempat menggunakan alas kaki tersebut.

Sebuah studi di University of Houston menemukan 39,7% sepatu yang diuji mengandung bakteri C. diff yang menyebabkan diare hingga infeksi fatal. Hal lain yang harus diperhatikan adalah saat memasukkan sepatu ke koper untuk digunakan saat bepergian. Pastikan agar sepatu terbungkus plastik agar bakteri tidak menyebar ke barang-barang lain di dalam kopet.

Jarang mengganti spons


Spons seharusnya menyingkirkan kotoran yang ada pada peralatan rumah tangga. Namun menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh badan kesehatan Amerika Serikat, NSF International, bakteri salmonellacampylobacterstaphylococcus, dan E. coli ditemukan pada 75% spons yang diuji.

Hal itu dikarenakan spons adalah tempat berkembang biak yang ideal bagi mikroba karena kondisinya yang hangat, lembab, dan berasal dari limbah makanan. Untuk itu, gantilah spons secara rutin minimal satu kali sebulan atau kalau diperlukan setiap minggu. [news.com/okezone]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami