Liputan

Ini Tanggapan Menkes Mengenai Program Revolusi Putih

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Hashim Djojohadikusumo telah menemui Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno guna membicarakan tentang program Revolusi Putih yang dicetuskan oleh Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto.

Program Revolusi Putih itu, kata Hasyim, merupakan sebuah gerakan untuk memberikan asupan makanan kepada pelajar yang tergolong kurang mampu di DKI Jakarta, yakni dengan memberikan asupan berupa telur rebus, susu putih serta bubur kacang hijau kepada pelajar di Ibu Kota.

Merespons hal itu, Menteri Kesehatan Nila F. Moeloek tidak setuju dengan ide program Revolusi Putih tersebut. “Saya agak enggak setuju. Susu kalian tahu darimana? Dari sapi. Cukup enggak sapi kita? 250 juta penduduk mesti dapat darimana?” kata Nila ditemui di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, kemarin.

Nila mengatakan, susu merupakan asupan makanan yang mengandung protein, lemak, dan juga glukosa (gula). Menurut dia, sejumlah gizi dari susu tersebut dapat digantikan dengan ikan yang juga kaya protein. Terlebih, ikan di Indonesia lebih banyak ketimbang sapi.

“Kalau kita lihat konten dari susu, isinya protein, lemak, gula ada dalamnya.Bisa diganti ikan? Bisa. Ada ikan lele, nila, mujair, darat. Bukan buaya darat ya. Kita punya mujair, lele. Gampang,” jelasnya.

“Makan protein itu dari ikan begitu banyak kok. Jangan mengharapkan dari daging. Bu Susi (Menteri KKP Susi Pudjiastuti) sudah capek-capek nenggelemin kapal,” tambahnya.

Selain itu, Nila mengingatkan bahwa asupan gizi yang diterima manusia harus seimbang antara karbohidrat dan protein. Sehingga, asupan makanan yang kaya protein dan karbohidrat juga terkandung dalam kacang hijau dan nasi.

“Tentu kita saya kira begitu banyaknya tanaman. Kurang begitu setuju kalau susu saja. Gizi itu seimbang. Karbohidrat berapa, protein berapa. Kacang hijau, nasi ganti jagung. Kamu makan beli buah anggur, makan itu kesemek,” tutur dia. [okzone]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami