InternasionalNasionalTekno

Inilah 4 Kunci Keberhasilan Kampanye Crowdfunding

BTN iklan

Lei-Crowdfunding atau salah satu metode yang efektif untuk menggalang modal ketika kamu ingin memulai sebuah proyek. Tapi sebenarnya crowdfundingpunya manfaat yang lebih dari itu. Kamu juga bisa menggunakannya untuk mengukur minat masyarakat terhadap produkmu, mengumpulkan feedback, serta memolesnya lebih baik sebelum launching.

Crowdfunding yang sukses tidak hanya mendatangkan modal, tapi juga sekaligus memberikanmu audiens berupa calon pelanggan yang percaya pada idemu. Beda dari audiens biasa, mereka punya kemungkinan lebih tinggi untuk membeli produkmu. Untuk mencapai keberhasilan itu, ada beberapa hal yang bisa kamu terapkan.


Pilih platform dengan hati-hati

Sebelum kamu memilih platform atau situs web yang akan kamu gunakan untuk penggalangan dana, pastikan kamu melakukan riset terlebih dahulu. Setiap platform memiliki aturan bahkan tipe audiens yang berbeda-beda. Sebagai contoh, ada situs yang tidak akan memberikan uang kepadamu bila jumlah dana tidak memenuhi target, tapi ada juga yang sebaliknya.

Jumlah proyek yang aktif di situs tersebut juga bisa jadi pertimbangan. Bila dalam sebuah situs sudah banyak kampanye crowdfunding di bidang yang sama dengan produkmu, ada baiknya kamu memilih platform lain.


Tunjukkan prototipe, bukan hanya ide

Semua orang bisa punya ide besar. Tapi apakah ide besar itu realistis, bisa diaplikasikan di dunia nyata, dan layak untuk dikembangkan menjadi produk sebenarnya? Belum tentu. Perbedaan antara crowdfunding yang hebat dengan biasa saja ada pada kemampuan si pemilik ide untuk menunjukkan bahwa ia memang mampu mewujudkan ide tersebut.

Kembangkan dan uji coba produkmu hingga kamu memiliki prototipe yang layak kamu pamerkan. Dari sini, kamu bisa meminta feedback untuk membuatnya lebih baik lagi. Kamu akan mendapat pengalaman dalam pengembangan produk, sehingga kemungkinan salah prediksi biaya dan waktu bisa diminimalkan. Selain itu, melihat prototipe yang sudah bekerja juga bisa membuat audiens merasa lebih bersemangat!

Crowdfunding | Hoverboard


Presentasi yang personal dan menarik

Jangan menunjukkan ide dalam wujud slide presentasi yang membosankan. Gunakan video dan ilustrasi yang bisa mencuri perhatian pengunjung. Satu kunci penting dalam crowdfunding adalah “keep the message personal”. Tunjukkan bahwa proyek ini adalah proyek yang kamu kerjakan dengan hati, dengan passion, bukan sekadar bisnis biasa.

Dengan menyampaikan pesan yang bersifat personal, kamu akan terasa lebih “manusia”, sehingga memunculkan rasa percaya dalam diri orang lain. Dengan membuat orang percaya pada idemu, kamu bisa membuat mereka merasa menjadi bagian dari sesuatu yang hebat dan menarik. Inilah yang akan mendorong mereka untuk mendukung idemu.


Jaga relasi dengan audiens

Setelah kampanye kamu luncurkan, kamu tidak bisa hanya berdiam diri sambil menunggu uang datang. Kamu harus aktif berinteraksi dengan para calon konsumen, menjawab segala pertanyaan mereka, dan memberikan update tentang progres yang telah terjadi. Bila ada orang yang memuji idemu, ucapkan terima kasih. Kamu bisa melakukan semua ini lewat situs web, media sosial, email, atau newsletter.

Selain untuk memberi update, kamu juga bisa memberi interaksi dengan cara lain yang bertujuan menjaga supaya minat audiens tetap tinggi. Misalnya membeberkan rencana-rencana seru yang akan kamu lakukan bila kampanye crowdfunding berhasil, atau membuat semacam countdownsehingga audiens tidak akan lupa dengan tanggal perilisan produkmu. Berpikirlah kreatif!


Pada akhirnya, yang terpenting dalam kampanye crowdfunding adalah kepercayaan. Bila kamu bisa membangun kepercayaan, orang tidak akan ragu mendukung proyekmu. Tapi bila kepercayaan itu gagal ditumbuhkan (misalnya karena idemu terasa tidak realistis, atau cara bicaramu terasa tidak jujur), kampanyemu akan sangat sulit berhasil.

Kepercayaan ini juga akan berpengaruh bila kamu hendak meluncurkan kampanye crowdfunding lebih dari sekali. Bila kamu sudah pernah mengecewakan audiens, jangan harap kampanya berikutnya bisa berhasil. Kamu harus “menebus dosa” dulu dengan suatu cara, baru mereka bisa percaya lagi. Jaga kepercayaan pelanggan baik-baik, karena dalam crowdfunding, pelanggan dan investor adalah orang yang sama.

Sumber: Ceren Cubukcu/Personal Branding BlogSumber GambarWired

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

25 Comments

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami