Liputan

Inilah Tiga Solusi Bagi Polemik Beras

BTN iklan

Jakarta/Lei- Praktisi pangan Syahroni menyebut ada tiga solusi bagi polemik dan persoalan tentang beras yakni dari sisi kelembagaan, program, dan komponen kebijakan.

Syahroni yang juga Direktur INAgri di Jakarta, Rabu, mengatakan jika tidak ada upaya dan langkah serius yang dilakukan maka beras akan terus menjadi masalah pada setiap rezim.

Menurut dia, solusi berupa paket lengkap itu setidaknya memenuhi terobosan penyelesaian dari sisi kelembagaan, program, dan kebijakan.

“Kelembagaan terkait seperti Kementan, Kemendag, dan Bulog harus satu suara dan memiliki tafsir yang sama dalam hal istilah produksi, stok, dan distribusi sampai konsumsi,” katanya.

Selanjutnya menurut dia, harus ada program yang paripurna terkait pangan misalnya dalam upaya peningkatan produksi baik dengan cara menambah luas tanam dan inovasi teknologi.

Ia juga menekankan pentingnya program edukasi perilaku konsumen pangan terkait diversifikasi pangan dan mendorong agar konsumen tidak berperilaku boros beras.

Syahroni juga menilai perlunya program khusus untuk mendorong rantai tata niaga pangan yang baik dan efesien misalnya saja pasar persahabatan produsen-konsumen.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami