InternasionalTekno

Insinyur Jepang Buat Robot Mirip Anak Lelaki

BTN iklan

Lei-Para ilmuwan terus maju dan memperhalus robot ciptaan mereka. Baru-baru ini, robot anak lelaki bahkan lolos tes uji gimastik.

Satu tim insinyur Jepang mendesain robot seukuran anak lelaki yang diberi nama Kengoro. Baik proporsi, struktur rangka dan otot, dan fleksibilitas persendian robot itu dibuat seperti remaja lelaki.
Dibandingkan robot humanoid sebelumnya yang nampak lebih kaku, tampilan Kengoro membuatnya bisa lebih fleksibel melakukan gerakan seperti manusia, demikian dilansir Science News beberapa waktu lalu.
Tim insinyur yang dikepalai Masayuki Inaba dari University of Tokyo lah yang merakit Kengoro. Sistem persendian yang mereka susun untuk Kengoro membuat robot bocah itu bisa melekukan badannya melakukan gerakan sit up dan back up.
Lengan Kengoro juga demikian luwes sehingga ia bisa mengayunkan tangannya sambil memegang raket bulu tangkis. Otot buatan Kengoro juga cukup kuat berolah raga selama 20 menit.
Butir-butir air yang keluar dari rangka logam Kengoro membuatnya nampak seolah berkerigat. Air ini berfungsi mendinginkan motor dan otot buatan selama Kengoro berolah raga.
Menanggapi karya para insinyur Jepang itu, insinyur asal University of Texas, Austin AS, Luis Sentis mengatakan tampilan Kengoro sangat mirip manusia dengan anatomi yang unik. Pembuatan robot humaoidbisa mengarah pada pengembangan organ tubuh manusia yang lebih canggih.
”Robot yang makin realistik juga bisa menjadi bahan percobaan gerak refleks manusia saat terjadi kecelakaan,” kata Sentis.
Kata kunci
Perlihatkan Lebih

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami