InternasionalTekno

Inspektur Polisi India Terbunuh dalam Kerusuhan yang Dipicu Pembunuhan Sapi

BTN iklan

LUCKNOW (LEI) – Seorang inspektur polisi tewas tertembak dalam pemberontakan yang dipicu isu pembantaian sapi di India Utara pada Senin, 31 November. Kerusuhan terjadi setelah tersiar kabar temuan sekira 25 bangkai sapi yang dibuang di hutan dekat Desa Mahaw.

Inspektur Polisi Subodh Kumar Singh dan seorang pria berusia 20 tahun tewas ketika petugas berusaha membubarkan kerumunan masa berjumlah sekira 400 orang di sebuah desa di Distrik Bulandshahr, Negara Bagian Uttar Pradesh sekira 80km tenggara ibukota nasional, New Delhi.

“Kami mengirim tim polisi untuk mengendalikan kerumunan setelah kami mendengar pengunjuk rasa melempari batu, beberapa bahkan melepaskan tembakan,” kata Hakim setempat Anuj Kumar Jha, kepada kantor berita DPA melalui telepon, sebagaimana diwartakan Aljazeera, Rabu (5/12/2018).

Polisi melepaskan tembakan ke udara dan menggunakan tongkat untuk membubarkan kerumunan. Sekira 1.000 perwira tambahan telah dikerahkan ke daerah itu untuk mencegah kekerasan lebih lanjut.

Jha juga menerangkan bahwa Subodh Kumar tewas karena luka tembak, namun tidak jelas apakah berasal dari kerumunan masa atau polisi.

Perwira polisi senior Prashant Kumar mengatakan kepada kantor berita setempat ANI bahwa Tim Investigasi Khusus (SIT) telah ditugaskan untuk menyelidiki penyebab kekerasan yang menewaskan Subodh Kumar itu.

Setidaknya dua orang telah ditangkap sehubungan dengan kasus ini.

“Inspektur Subodh Kumar Singh mengorbankan hidupnya untuk menegakkan hukum dan ketertiban di distrik tersebut,” demikian disampaikan Kepolisian Uttar Pradesh dalam pernyataannya.

“Dengan kematiannya, kami telah kehilangan salah satu perwira terbaik kami yang akan selalu hidup di dalam hati kami sebagai pahlawan kami.”

Sapi dianggap suci oleh penduduk Hindu mayoritas India dan dalam beberapa tahun terakhir telah terjadi serangkaian serangan “main hakim sendiri” yang ganas sebagai tanggapan atas pembunuhan hewan itu.

Pada 2015, massa Hindu memukuli seorang pria Muslim bernama Mohammed Akhlaq hingga mati di Uttar Pradesh karena dia dan keluarganya diduga telah mengonsumsi daging sapi di rumahnya, di Kota Dadri.

Menurut laporan media setempat, Inspektur Polisi Subodh Kumar Singh terlibat dalam penyelidikan kasus itu sebelum ia dipindah tugaskan.

Para warga Hindu di India Utara memang sering berkeliaran di jalan-jalan untuk melindungi sapi, yang sering mengakibatkan serangan terhadap populasi Muslim India yang jumlahnya sekira 14 persen dari 1,3 miliar penduduk negara itu.

Menurut portal data IndiaSpend, sedikitnya 39 orang telah tewas dalam kekerasan terkait sapi di India sejak 2014, ketika Perdana Menteri Narendra Modi berkuasa. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami