InternasionalTekno

Intel Rilis Keluarga Prosesor Baru: Whiskey Lake & Amber Lake

BTN iklan

(LEI)-Hari ini Intel mengumumkan kehadiran dua keluarga prosesor terbaru mereka untuk perangkat mobile dengan codename Whiskey Lake dan Amber Lake. Proses fabrikasi 14 nm yang telah digunakan sejak tahun 2014 tetap menjadi andalan Intel dalam menciptakan kedua prosesor tersebut. Tentu saja proses fabrikasi tersebut telah dioptimalkan lebih jauh lagi sehingga menghasilkan efisiensi kerja lebih baik. Intel juga membawa sejumlah perubahan menarik pada dua keluarga terbaru prosesor hemat daya mereka itu yang membuat kemampuan dan fitur laptop tipis dan laptop 2-in-1 masa depan yang akan menggunakannya menjadi lebih baik.

Fokus di Konektivitas

Peningkatan pada sisi konektivitas menjadi salah satu fokus Intel untuk prosesor baru ini. Intel tampaknya menyadari konektivitas canggih sangat dibutuhkan di era saat ini. Salah satu wujud dari peningkatan pada sisi konektivitas adalah hadirnya dukungan Gigabit WiFi dengan chip Intel Wireless-AC 9560 terintegrasi, yang bahkan mendukung bandwidth 160 MHz, di Whiskey Lake. Bahkan di dalam “package” prosesor Whisky Lake dan Amber Lake tersebut Intel juga menghadirkan dukungan untuk modem LTE.

Demo kemampuan Gigabit Wi-Fi oleh Intel memang menunjukkan hasil yang mengejutkan. Biasanya, kecepatan transfer data via Wi-Fi ac 80 MHz ada dikisaran 30-40 MBps. Sementara jika menggunakan Gigabit Wi-Fi 160 MHz, kecepatan transfer data dapat mencapai lebih dari 100 MBps.

Di Whiskey Lake, Intel juga menawarkan dukungan langsung untuk USB 3.1 Gen 2 (10 Gbps), Thunderbolt 3 (40 Gbps), serta Quad Core Audio DSP yang membuat pemrosesan perintah suara menjadi lebih baik. Dukungan untuk akselerasi storage Intel Optane juga tersedia di “System on Package” ini.

Menariknya, dengan “jeroan” lebih padat di “System on Package” baru ini, Intel tetap menjamin bahwa produk baru ini hemat daya, seperti pendahulunya. Bahkan, Intel berani menyebutkan bahwa perangkat dengan prosesor Whisky Lake dan Amber Lake dapat bertahan hingga 16 jam dengan tenaga baterai, saat menikmati konten video. Daya tahan hingga 19 jam pun juga mungkin dicapai jika produsen menggunakan komponen pilihan yang hemat daya untuk produk laptop mereka seperti penggunaan low power screen dengan daya 1-2 Watt.

6 Prosesor Baru, Core i U & Y Series

Pada peluncuran kali ini, secara total terdapat enam buah prosesor Core 8th Gen “Whiskey Lake” dan “Amber Lake”. Whiskey Lake merujuk ke prosesor Core i 8th Gen U Series terbaru yang akan menggantikan Kaby Lake-R. Sementara Amber Lake merujuk ke Core 8th Gen Y Series penerus Core 7th Gen Y Series “Kaby Lake”  Berikut ini adalah jajaran prosesor baru tersebut:

Intel menyebutkan bahwa prosesor Whiskey Lake dan Amber Lake ini akan hadir dalam laptop yang akan dirilis dalam waktu dekat ini. Mengingat di minggu ini digelar pameran teknologi akbar IFA 2018 di Berlin, Jerman, bisa jadi akan ada sejumlah laptop dari produsen ternama yang dipamerkan ke hadapan publik di ajang tersebut. Berdasarkan apa yang disebutkan oleh Intel saat mengumumkan hadirnya prosesor baru ini, produk dengan kedua keluarga prosesor baru ini akan mulai bisa didapatkan paling cepat bulan September 2018 mendatang.

Intel juga menyebutkan untuk memudahkan pengguna membedakan laptop Core 8th Gen Whisky Lake serta Amber Lake dengan Kaby Lake-R, bersama logo juga akan disertakan tulisan “Optimized for Connectivity”.

Hadirnya prosesor Core 8th Gen Whisky Lake dan Amber Lake ini tampaknya akan membuat konektivitas Gigabit Wi-Fi 160 MHz semakin merakyat. Prosesor kencang tidak akan sempurna jika konektivitasnya tidak kencang juga bukan?! Bukan tidak mungkin hal ini juga akan mendorong makin banyak dan beragamnya perangkat jaringan yang mendukung Gigabit Wi-Fi 160 MHz sehingga membuat harganya kian ekonomis.

(okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close