Liputan

Iriana Jokowi, Status Ibu Negara Tak Membuatnya Jaga Jarak dengan Masyarakat

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Ketika di PAUD As-Salam Karang Anyar, Desa Munggur, Jawa Tengah, Iriana Joko Widodo nampak begitu mantap berdiri di atas podium. Di pelataran sekolah itu, Iriana menyampaikan pesan kepada menteri pendidikan untuk memperhatikan kesejahteraan guru dan meningkatkan kualitas pendidikan tingkat dasar.

“Dan saya juga berharap untuk bapak menteri, karena untuk pendidik PAUD sekarang kan juga banyak pendidikannya kurang. Maka saya minta diperhatikan untuk guru-guru PAUD yang di daerah-daerah,” kata Iriana.

Tak hanya itu. Iriana bahkan meminta kepada menteri pendidikan untuk memberikan beasiswa kepada tenaga pengajar di lingkungan PAUD. “Kalau bisa, dapat beasiswa, Pak,” kata Iriana yang kemudian disambut sorak sorai para hadirin.

Iriana memang sosok perempuan yang memiliki kepedulian tinggi kepada masyarakat. Sebagai ibu negara, Iriana tak segan terjun ke lapangan untuk berkomunikasi langsung dengan masyarakat.

Tak hanya soal pendidikan, Iriana juga memiliki kepedulian tinggi pada sektor lingkungan. Hal itu terlihat dalam kunjungannya ke Area Sabuk Hijau, Waduk Gondang, Gempolan, Jawa Timur. Di sana, Iriana mengajak serta masyarakat sekitar untuk berkegiatan bersama menanam 250 bibit unggul durian. Hal itu dilakukan Iriana untuk menumbuhkan kesadaran dan meningkatkan partisipasi masyarakat dalam konservasi lingkungan.

Bahkan, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono mengungkap besarnya partisipasi dan keterlibatan Iriana dan organisasi bentukannya, Oase dalam sejumlah kegiatan-kegiatan pendukung program strategis nasional pemerintah.

“Waktu Pak Presiden memeriksa progres waduk gondang tahun lalu, saya laporkan bahwa saya punya program ini. Kemudian ini diambil alih oleh Oase. Jadi Oase ini akan terus menanam pohon,” kata Basuki. Oase atau Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja merupakan organisasi yang dibentuk oleh Iriana bersama istri Wakil Presiden, Jusuf Kalla, Mufidah Kalla bersama dengan jajaran istri dari para menteri yang tergabung dalam kabinet kerja.

Selain yang berkaitan dengan pendidikan dan lingkungan, Oase juga turut terlibat dalam berbagai kegiatan yang berkaitan dengan kesehatan, terutama yang menyangkut dengan kesehatan ibu, anak dan wanita.

Dalam kunjungan untuk memperingati hari kartini di Banjarbaru, Kalimantan Selatan misalnya. Di sana, Iriana dan Oase menggelar layanan kesehatan berupa vaksinasi, imunisasi hingga pemeriksaan dini terhadap kanker serviks dan kanker payudara.

Dalam acara itu, Iriana turut berbincang dengan masyarakat luas yang kebanyakan adalah ibu-ibu. Dalam perbincangannya, Iriana mengimbau kepada seluruh ibu yang hadir hari itu untuk mensosialisasikan pentingnya pemeriksaan dini terhadap ancaman kanker payudara dan serviks.

“Ibu sudah diperiksa tadi?” tanya Iriana kepada seorang ibu dari Dharma Wanita Kementerian Komunikasi dan Informatika.

“Tidak hanya ibu saja, ya. Yang lain juga ibu kasih tahu, bahwa IFA test itu tidak sakit. Sadari juga jangan lupa periksa,” kata Liliana dengan nada bicara lembut yang begitu khas. Berkaitan dengan gaya bicara Iriana, sebuah cerita lain tercatat dalam perjalanannya sebagai ibu negara. Ketika itu, di sebuah sentra kerajinan tangan tradisional, Iriana kedapatan menolak sebuah hadiah yang diberikan oleh seorang pengrajin.

Dengan lembut, Iriana memaksa kepada sang pengrajin untuk membayar pemberian tersebut.

“Sampun. Tak beli saja,” kata Iriana.

Video yang menunjukkan peristiwa itu pun sempat viral di media sosial twitter. Netizen memuji sikap Iriana yang tak mudah menerima barang pemberian. Selain itu, netizen turut memuji cara Iriana berkomunikasi dan bertutur.

Akun @AfrizalBrawijaya misalnya, yang menuliskan “Dengan halus, ‘sampun tak beli saja. Mengagumkan.‘”

Selain itu, akun lain bernama @AprianiJustisia menyebut Liliana sebagai sosok yang patut dicontoh. “Contoh baik bagi masyarakat Indonesia, dimana Ibu menunjukkan sikap tak mudah diberi,” imbuhnya. [okzone]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

3 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami