Nasional

ISLA Unhas Minta Anies-Sandi Turun Tangan Soal Kebakaran Museum Bahari

BTN iklan

Jakarta, LEI – Ikatan Sarjana Kelautan Universitas Hasanuddin (ISLA Unhas) meminta agar Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan-Sandiaga Uno turun tangan tangani masalah terbakarnya Museum Bahari.

ISLA Unhas meminta orang nomor satu dan dua di Pemprov DKI Jakarta itu turun tangan karena kebakaran tersebut merupakan teguran bagi pemerintahannya agar lebih memperhatikan museum.

“Kami ISLA Unhas menyayangkan musibah terbakarnya museum Bahari Jakarta. Museum Bahari adalah peninggalan sejarah kebaharian nusantara yang seharusnya dijaga keberadaannya,” kata Darwis Ismail, Ketua ISLA Unhas dalam keterangan tertulis, Kamis (18/1/2018).

Museum Bahari adalah museum yang menyimpan koleksi yang berhubungan dengan kebaharian dan kenelayanan bangsa Indonesia dari Sabang hingga Merauke.

“Di sana banyak barang barang berharga peninggalan kebaharian nusantara sejak zaman Belanda dan menjadi tempat pembelajaran publik untuk mengenal tentang potensi kelautan nasional,” ujar Darwis.

ISLA Unhas, kata Darwis, mendesak Gubernur DKI Jakarta dan wakilnya Sandiaga Uno untuk mengaudit semua aset museum yang terbakar.

“Kami minta pak gubernur dan wakilnya untuk turun tangan. Kami khawatir ada barang yang hilang. Polri juga harus melakukan penyelidikan dengan seksama,” ujarnya.

ISLA Unhas juga meminta kepada Pemprov DKI Jakarta untuk secepatnya membangun kembali Musem Bahari agar dapat berfungsi seperti semula.
Museum Bahari merupakan salah satu simbol kejayaan sektor maritim Indonesia. Untuk itu perlu perhatian lebih menjaga keamanan dan perawatan.

Museum Bahari yang terletak di kawasan Kota Tua Jakarta terbakar, Selasa kemarin (16/01/2018). Kebakaran di gedung bersejarah ini diduga karena adanya konsleting listrik di bagian atap.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close