InternasionalTekno

Jack Ma Resmi Umumkan Rencana Pengunduran Diri dari Alibaba Group

BTN iklan

(LEI)- Pada tanggal 10 September 2018, founder Alibaba Group, Jack Ma mengumumkan akan segera meninggalkan perusahaan yang ia dirikan pada tahun 1999 tersebut. Posisi Ma sebagai Executive Chairman akan digantikan oleh Daniel Zhang (saat ini menempati posisi sebagai CEO Alibaba) dalam waktu dua belas bulan ke depan.

Terkait strategi peralihan estafet pemimpin perusahaan, Ma membangun suatu sistem bernama The Alibaba Partnership. Untuk menjalankan sistem tersebut, terdapat sebuah tim beranggotakan 36 orang yang bertugas menjaga misi, visi, dan nilai-nilai Alibaba Group.

Kami percaya bahwa satu-satunya cara mengatasi masalah peralihan kekuasaan dalam perusahaan adalah dengan membuat sistem pemantauan berdasarkan budaya dan mekanisme yang unik. Sistem tersebut nantinya bisa mengembangkan talenta dan kepemimpinan secara konsisten.

 Jack Ma, Founder Alibaba Group

Ma sendiri akan tetap menjadi bagian dari dewan direksi Alibaba hingga diadakannya rapat dewan direksi tahun 2020.  Meskipun demikian, Ma merupakan anggota “seumur hidup” dari The Alibaba Partnership. Setelah pensiun dari posisinya di Alibaba Group, ia berencana membuat lembaga amal yang fokus pada bidang pendidikan.

Jack Ma Lazada Taobao

Berikut ini adalah isi lengkap dari surat dari Jack Ma:

Untuk para pelanggan Alibaba, Aliren (sebutan untuk karyawan Alibaba), dan para pemegang saham,

Hari ini, di saat kita memperingati ulang tahun ke-19 dari Alibaba, saya bahagia bisa membagi berita ini kepada kalian. Dengan persetujuan dewan direksi, satu tahun dari sekarang (10 September 2019) yang juga jatuh pada peringatan ulang tahun Alibaba ke-20, CEO Alibaba Group Daniel Zhang akan menggantikan saya sebagai Chairman dari Alibaba Group.

Selama menjadi executive chairman dalam waktu dua belas bulan ke depan, saya akan bekerja sama dengan Daniel untuk memastikan proses transisi ini berjalan dengan baik dan sukses. Setelah itu, saya akan tetap berada di dewan direksi Alibaba hingga rapat pemegang saham tahunan pada tahun 2020.

Saya telah memikirkan rencana pergantian kepemimpinan ini sejak sepuluh tahun lalu. Saya senang bisa mengumumkan hal tersebut pada hari ini, berkat dukungan Alibaba Partnership dan dewan direksi kami.

Saya juga ingin mengucapkan terima kasih kepada para karyawan Alibaba dan keluarga kalian, karena berkat kepercayaan, dukungan, dan partisipasi kalian di dalam perusahaan selama 19 tahun ke belakang, kita bisa sampai pada hari ini dengan kekuatan dan rasa percaya diri.

Transisi ini menunjukkan bahwa Alibaba telah naik tingkat dari perusahaan yang bergantung pada individu, menjadi perusahaan yang dibangun atas kesempurnaan sistem organisasi dan pengembangan talenta.

Ketika Alibaba didirikan pada tahun 1999, tujuan kami membangun perusahaan ini adalah untuk menjadi kebanggaan Cina dan dunia. Serta menjadi perusahaan yang bisa melewati umur tiga puluh tahun, dan bertahan hingga 102 tahun.

Namun kita tahu bahwa tidak ada karyawan yang bisa bertahan di sebuah perusahaan selama 102 tahun. Alibaba akan bertahan dengan pengelolaan serta filosofi budaya yang baik, dan konsistensi dalam mengembangkan talenta. Tidak ada perusahaan yang bergantung pada para pendirinya.

Saya pun tahu hal itu. Karena keterbatasan kemampuan fisik dan energi, tidak ada yang bisa memikul tanggung jawab sebagai Chairman dan CEO untuk selamanya.

Kami menanyakan hal tersebut sepuluh tahun lalu, bagaimana Alibaba bisa tetap tumbuh setelah Jack Ma meninggalkan perusahaan ini? Kami percaya bahwa satu-satunya cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan mengembangkan sistem pengelolaan berbasis budaya dan mekanisme unik, demi mengembangkan talenta dan penerus kepemimpinan secara konsisten. Selama sepuluh tahun terakhir, kami terus mempersiapkan hal tersebut.

Berbekal pengalaman sebagai seorang guru, saya merasa bangga bisa mencapai tahap ini. Seorang guru pasti selalu menginginkan agar murid-muridnya menjadi lebih pintar dari dirinya sendiri. Jadi tanggung jawab saya dan perusahaan adalah membiarkan orang-orang yang lebih muda dan bertalenta untuk mengisi posisi kepemimpinan.

Sehingga mereka bisa meneruskan misi Alibaba, “Memudahkan orang membangun bisnis di mana saja.” Sehingga lewat misi tersebut, mereka bisa membantu usaha kecil, anak muda, dan para perempuan di seluruh dunia, itulah tujuan hidup saya.

Tak hanya menjadi tujuan kami sejak hari pertama, namun saya pun merasa diberkahi bisa mempunyai kesempatan melakukannya secara langsung. Untuk mewujudkan mimpi di balik misi tersebut, perlu partisipasi dari lebih banyak orang selain Jack Ma, dan usaha yang kuat dari beberapa generasi Aliren.

Alibaba menjadi hebat bukan karena bisnis, pertumbuhan, atau prestasi kita. Hal terbaik di Alibaba adalah kita bekerja bersama di bawah sebuah misi dan visi yang sama. Sistem Alibaba Partnership, budaya yang unik, serta tim dengan talenta hebat, telah membuat fondasi kuat bagi perusahaan ini. Faktanya, sejak saya melepaskan tanggung jawab sebagai CEO pada tahun 2013, perusahaan tetap berjalan dengan baik.

Sistem Alibaba Partnership merupakan solusi kreatif untuk pengelolaan perusahaan yang baik dan berkelanjutan. Sistem tersebut bisa mengatasi beberapa tantangan, seperti inovasi berkelanjutan, suksesi kepemimpinan, serta kelanjutan budaya dan akuntabilitas.

Selama bertahun-tahun, kami terus menguji coba model manajemen, demi menyeimbangkan antara sistem dan individu. Hanya mengandalkan individu atau sistem tertentu, tidak akan mengatasi masalah. Untuk mencapai pertumbuhan yang berkelanjutan, kamu perlu keseimbangan yang tepat antara sistem, karyawan, dan budaya.

Saya sangat yakin sistem Alibaba Partnership dan usaha kita dalam menjaga budaya perusahaan akan memenangkan cinta dan dukungan dari para pelanggan, karyawan, dan pemegang saham.

Sejak mendirikan perusahaan ini di tahun 1999, kami telah melihat masa depan Alibaba akan bergantung pada cara mengembangkan talenta, sehingga kami bisa melaksanakan rencana suksesi manajemen. Setelah usaha bertahun-tahun, kini Alibaba mempunyai talenta kelas dunia yang hebat secara kualitas maupun kuantitas.

Jiwa guru di dalam diri saya pun merasa sangat bangga akan tim dan kepemimpinan di Alibaba, serta budaya unik kita yang fokus pada sebuah misi utama. Tak hanya itu, saya pun bangga kita bisa terus mengembangkan pemimpin bisnis kelas dunia dan talenta profesional seperti Daniel Zhang.

Daniel telah bersama Alibaba Group selama sebelas tahun. Sejak mengambil alih posisi sebagai CEO, ia telah menunjukkan talenta luar biasa, kemahiran bisnis, dan kepemimpinan yang kuat. Di bawah pengawasannya, Alibaba mengalami pertumbuhan konsisten selama 13 kuartal berturut-turut.

Daya analisisnya tak tertandingi. Ia pun memegang teguh misi dan visi perusahaan, serta memikul tanggung jawab dengan penuh semangat. Selain itu, ia juga mempunyai keberanian berinovasi dan menguji coba berbagai model bisnis baru. Karena itu, ia layak mendapat penghargaan sebagai CEO No. 1 pada tahun 2018 yang diberikan oleh media bisnis di Cina.

Karena alasan-alasan tersebut, ia dan timnya telah memenangkan kepercayaan dan dukungan dari pelanggan, karyawan, dan para pemegang saham. Memulai proses penyerahan obor Alibaba kepada Daniel dan timnya merupakan keputusan tepat, di waktu yang juga tepat. Saya tahu mereka telah siap, dan saya punya rasa percaya diri penuh untuk generasi penerus kepemimpinan Alibaba.

Saya sendiri, masih mempunyai banyak mimpi yang ingin saya kejar. Orang yang mengenal saya pasti tahu bahwa saya tidak bisa duduk diam. Saya berencana meneruskan tugas sebagai Founding Partner dari Alibaba Partnership, dan berkontribusi di dalamnya.

Saya juga ingin kembali ke dunia pendidikan, yang membuat saya bahagia dan terberkahi, karena saya suka melakukan aktivitas tersebut. Dunia ini besar, dan saya pun masih muda, karena itu saya ingin mencoba hal-hal baru. Karena siapa tahu mimpi baru tersebut juga bisa terwujud?!

Satu hal yang bisa saya janjikan kepada semua orang: Alibaba bukanlah tentang Jack Ma, namun Jack Ma akan selamanya menjadi bagian dari Alibaba.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami