Liputan

Jaksa Jangan Gadaikan Idealisme

BTN iklan

Jakarta/Lei- Jaksa Agung RI HM Prasetyo mengingatkan jajarannya jangan menggadaikan idealisme dalam melaksanakan tugas penegakan hukum.

Pasalnya, kata dia, jika idealisme tergadaikan maka pertaruhannya tidak hanya menyangkut nama baik dan integritas diri sendiri, tetapi dapat dipastikan akan mencoreng nama keluarga. Serta pada akhirnya akan juga berimbas pada runtuhnya wibawa, citra dan marwah institusi.

Ia juga mengharapkan para jaksa selalu memerhatikan petunjuk, arahan dan penggarisan yang baik dan benar yang disampaikan oleh pimpinan, sehingga dapat terbangun kesatuan pola pikir, pola sikap, pola tindak dan gerak langkah yang sama dan seirama agar pada gilirannya akan menciptakan harmonisasi kebijakan dan tindakan dari hulu sampai ke hilir.

Semangat dan kesadaran Kejaksaan adalah satu dan tidak terpisahkan itu juga dapat dimaknai bahwa setiap bidang di Kejaksaan memiliki peran dan fungsi yang sama pentingnya dalam kerangka penegakan hukum karena pada hakekatnya tidak ada bidang yang lebih berperan atau lebih penting satu dari yang lain.

Soliditas, dan sikap kebersamaan harus tetap dijaga guna meningkatkan kekompakan dalam bekerja sama, berkoordinasi, bersinergi dan berkolaborasi antarsatuan kerja maupun antarbidang, sebagai bentuk nyata meneguhkan komitmen kita dalam mewujudkan penegakan hukum yang baik, benar, dan terpercaya demi suksesnya Program Pembangunan Nasional.

Di bagian lain, ia menyebutkan kejaksaan akan lebih mengedepankan penegakan hukum preventif atau pencegahan. Dalam hal ini hukum tidak hanya sekedar dipandang dan dijadikan sebagai instrumen untuk menimbulkan efek menjerakan (detterence effect), melainkan dapat juga diterjemahkan dan diaktualisasikan sebagai sarana menciptakan tertib sosial dan perlindungan bagi masyarakat (social defence) yang sekaligus menjadi bagian integral dari usaha peningkatan kesejahteraan masyarakat (social welfare) sebagaimana yang diamanatkan dalam Pembukaan UUD NRI tahun 1945.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

8 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami