LiputanNasional

Jangan Ada Pesimisme di Antara Kita

BTN iklan

TANGERANG SELATAN/Lei  — Presiden Joko Widodo menyatakan Indonesia bersiap menjadi negara industri berkelas dunia. Presiden mengafirmasi riset World Economic Forum yang menyebut kondisi Indonesia saat ini serupa dengan Korea Selatan sesaat sebelum bangkit menjadi raksasa global.

Dia menilai peningkatan posisi Indonesia  World Competitiveness Index 2017 dari peringkat ke-41 menjadi posisi ke-36 sebagai peningkatan yang cukup baik. Untuk itu, Presiden Jokowi meminta agar semua pihak untuk optimis terhadap situasi ekononi Indonesia.

“Jangan ada pesimisme di antara kita. Kalau ada masalah marilah kita selesaikan. Kalau masih ada yang perlu kita perbaiki ya harus kita perbaiki. Tapi kita harus optimis,” ujar Presiden ketika membuka Trade Expo Indonesia Ke-32 di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (11/10/2017).

Kepala Negara juga mengaku senang ketika melihat peningkatan kinerja ekspor. Dari data yang sebelumnya telah dilansir oleh Badan Pusat Statistik, performa ekspor periode Januari-Agustus 2017 mencapai US$108,79 miliar atau naik 17,58% dibanding periode sama 2016.

Hal itu juga berlaku untuk ekspor nonmigas yang naik 17,73% menjadi US$98,76 miliar pada tahun ini.

Dia menyebutkan, peningkatan kinerja tersebut merupakan perpaduan dan kerja sama yang beriringan antara eksportir swasta, dunia usaha dengan pemerintah. Sebab, lanjutnya, Pemerintah telah mempercepat pembangunan infrastruktur dan konektivitas dalam tiga tahun terakhir.

“Momentum ini harus di maksimalkan, sehingga perdagangan Indonesia bisa jadi motor PE kita. Karena memang kunci pertumbuhan ekonomi ada dua, yaitu ekspor dan investasi yang harus naik. Tanpa dua hal itu nggak mungkin pertumbuhan kita akan ikut meningkat.”

Nampak mendampingi Presiden dalam acara itu adalah Menteri Koordinator Perekonomian Darmin Nasution, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan Kepala Badan Ekonomi Kreatif Triawan Munaf.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close