Liputan

Jangan Lewatkan Gerhana Bulan 152 Tahun Sekali!

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Gerhana Bulan total satu ini akan terlihat pada 31 Januari 2018. Apa yang membuatnya pantas untuk dinanti-nantikan? Gerhana ini akan terjadi dalam tiga fenomena sekaligus. Yaitu Super Moon, Blue Moon serta Blood Moon.

Terlebih lagi, gerhana ini terakhir terjadi di tanggal 31 Maret 1866. Artinya fenomena ini akan terjadi lagi setelah 152 tahun lalu. Gerhana tiga warna ini sendiri diprediksi akan tampak mulai pukul 18.00 hingga 22.00 WIB.

ITB menyebar undangan kepada umum, akan memberi kesempatan menyaksikan gerhana bulan lewat Teleskop di Sasana Budaya Ganesha, ITB Bandung pada Rabu (31/1) dari pukul 16.00 hingga 22.00 WIB.

Adapun penjelasan mengenai ketiga fenomena gerhana ini. Untuk Super Moon itu merupakan saat bulan berada pada jarak paling dekat dengan bumi.

Alhasil ini menyebabkan bulan tampak lebih besar 14 lersen dan lebih terang 30 persen dibandingkan bilam pada posisi terjauhnya dari bumi.

Untuk Blue Moon, fenomena ini adalah terjadinya 2 kali bulan purnama dalam satu bulan, yaitu pada bulan Januari 2018 terjadi 2 kali bulan purnama pada tanggal 2 Januari serta 31 Januari nanti.

Dan untuk Blood Moon, sesuai pengertian namanya. Warna bulan nanti akan tampak berwarna merah darah yang disebabkan oleh pembiasan cahaya matahari atmosfer bumi.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami