Internasional

Jasad Tentara India Ditemukan 50 Tahun Setelah Kecelakaan Pesawat di Himalaya

BTN iklan

HIMACHAL PRADESH (LEI) – Jasad membeku dari seorang tentara India ditemukan oleh tim pendaki gunung di sebuah sungai es di Himalaya, 50 tahun setelah dia dan 100 korban lainnya tewas akibat kecelakaan pesawat.

Tim pendaki gunung itu mengatakan bahwa mereka juga menemukan beberapa puing pesawat Antonov An-12 buatan Soviet milik angkatan udara India. Pesawat angkut itu jatuh di Himalaya pada Februari 1968.

“Kami menemukan lengan tubuh manusia yang menonjol keluar dari es. Sisa tubuhnya dapat dilihat di dalam gletser, ” kata Pimpinan Ekspedisi, Rajiv Rawat kepada AFP, Minggu (22/7/2018).

Rawat mengatakan, dia dan timnya telah menghubungi angkatan bersenjata India yang kemudian meluncurkan operasi pengambilan jasad-jasad para korban tersebut. Tim yang dipimpin Rawat menemukan jasad tersebut di ketinggian sekira 5.500 meter di pegunungan Himalaya.

Jasad yang ditemukan pada Sabtu, 21 Juli itu merupakan jasad kelima yang ditemukan dari kecelakaan maut tersebut setelah beberapa dekade pencarian yang ekstensif dan bisa dikatakan tidak membuahkan hasil yang berarti. Jasad terakhir ditemukan dan diidentifikasi pada 2013.

Pesawat nahas itu tengah dalam penerbangan menuju bandara di Kashmir dan tidak dapat mendarat karena cuaca buruk sebelum hilang kontak di atas Lembah Spiti, utara India. Total 102 orang tewas dalam kecelakaan tersebut, termasuk 98 tentara India.

Meskipun hujan salju lebat dan medan yang tidak bersahabat, wilayah sekitarnya adalah situs trekking yang populer bagi para pendaki gunung lokal dan asing.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami