EkonomiLiputan

Jelang Bulan Ramadhan, Pemerintah Awasi Harga Pangan

BTN iklan

PALU(LEI)- Pemerintah Sulawewsi Tengah melalui Tim Pengendalian Inflansi Daerah (TPID) di tingkat provinsi dan kabupaten/kota di daerah itu tetap meningkatkan pengawasan terhadap berbagai harga komoditi pangan menjelang bulan ramadhan 2018.

Hingga kini, kata Kepala Bulog Sulteng,Khozin, Kamis, harga pangan cukup stabil, meski ada beberapa yang naik karena stok dan pasokan kurang.

Perum Bulog Sulteng sendiri, kata dia, termasuk dalam anggota TPID Provinsi Sulteng.

Ada sejumlah instansi pemerintah dan BUMN serta perbankan yang masuk dalam anggota TPID seperti Bank Indonesia, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Biro Ekonomi Pemprov Sulteng, BPS dan sejumlah BUMN dan satgas pangan yang dikoordinir oleh Polda Sulteng.

TPID rutin melakukan pengawasan dengan turun langsung ke pasar-pasar tradisional maupun pasar modern untuk mengecek baik stok maupun perkembangan harga, terutama pangan yang menjadi perhatian pemerintah dari pusat sampai ke daerah.

Ia mengatakan dari hasil pemantaun, harga berbagai komoditi pangan dan strategis lainnya di tingkat pengecer relatif stabil dan terkendali.

Kecuali bawang baik merah maupun putih, harganya sejak beberapa waktu lalu mengalami kenaikan yang dikarenakan stok kurang dan pasokan terbatas.

Apalagi, kata dia, khusus bawang putih selama ini didatangkan dari diluar daerah seperti Pulau Jawa.

Sementara khusus bawang merah, selain produksi petani, juga biasanya para pedagang mendatangkan dari daerah tetangga seperti Parepare.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami