Internasional

Jepang Protes Makanan Penutup yang Disuguhkan Korsel untuk Jong-un

BTN iklan

TOKYO (LEI) – Pemerintah Jepang memprotes salah satu menu makanan yang akan dihidangkan dalam KTT Antar-Korea pada 27 April mendatang. Sebab, Korea Selatan akan menyajikan makanan penutup yang dibuat sedemikian rupa dan menampilkan Pulau Dokdo yang menjadi sengketa dengan Jepang.

Melansir dari Yonhap, Rabu (25/4/2018), Direktur Jenderal Urusan Asia dan Oseania Kementerian Luar Negeri Jepang, Kenji Kanasugi, memprotes keputusan Korea Selatan tersebut. Nota diplomatik disampaikan kepada seorang pejabat senior dari Kedutaan Besar Korea Selatan di Tokyo.

Kanasugi menyesalkan tindakan yang dilakukan oleh Korea Selatan dalam menyajikan menu tersebut. Selain itu, ia juga meminta pemerintah Seoul segera mencabut makanan penutup tersebut dari daftar menu.

Sebagaimana diberitakan, Istana Kepresidenan Korea Selatan mengungkapkan detail menu yang akan disajikan dalam jamuan makan malam resmi KTT Antar-Korea di Desa Panmunjom pada 27 April. Menu yang dipermasalahkan Jepang adalah makanan penutup yang dihias peta unifikasi Semenanjung Korea yang juga menampilkan Pulau Dokdo.

Susunan Meja yang Akan Digunakan dalam KTT Antar-Korea. Foto: Reuters

Pulau yang berada di sebelah timur Semenanjung Korea itu menjadi salah satu dari sumber ketegangan Negeri Sakura dengan Negeri Ginseng selain isu wanita penghibur. Jepang mengklaim kepulauan tersebut masuk dalam wilayahnya, sementara Korea Selatan kukuh menyatakan Dokdo masuk dalam kedaulatannya.

Korea Selatan diketahui menempatkan unit detasemen kepolisian dalam jumlah kecil di Dokdo setelah merdeka dari Jepang pada 1945. Republik Korea pun menyatakan klaim Jepang atas Dokdo tidak berdasar.

Jepang sebelumnya juga memprotes menu makanan yang disajikan Korea Selatan kepada Presiden Amerika Serikat (AS), Donald John Trump, saat berkunjung ke Seoul. Sebab, Gedung Biru, Istana Kepresidenan Korea, menyertakan udang yang diambil dari perairan Dokdo dalam salah satu menu makanan.

Pemerintah Korea Selatan dikenal sering mewakilkan pandangan politik atau sikapnya dalam makanan. Sebagaimana diberitakan, Korea Selatan akan menyuguhkan makanan khas Swiss, rosti, kepada Kim Jong-un di KTT Antar-Korea. Seoul seakan ingin membawa Jong-un pada kenangan ketika generasi ketiga pemimpin Korea Utara itu menempuh pendidikan di Swiss. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

2 Comments

  1. Hi there just wanted to give you a quick heads up. The text in your
    article seem to be running off the screen in Chrome.
    I’m not sure if this is a formatting issue or something to do with internet browser compatibility
    but I thought I’d post to let you know. The design look great though!
    Hope you get the issue fixed soon. Thanks

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close