Internasional

Jerman Tidak Akan Berpartisipasi dalam Serangan ke Suriah

BTN iklan

BERLIN (LEI) – Jerman tidak akan berpartisipasi dalam serangan terhadap Pemerintah Suriah yang dilakukan sebagai respons atas serangan senjata kimia di Distrik Douma, Ghouta Timur. Kanselir Jerman Angela Merkel mengatakan, meski tidak akan bergabung dalam serangan, tetapi Jerman tetap mendukung upaya negara-negara Barat untuk menunjukkan bahwa penggunaan senjata kimia tidak dapat diterima.

“Jerman tidak akan mengambil bagian dalam – belum ada keputusan apa pun, saya ingin menekankan itu – aksi militer yang mungkin dilakukan,” kata Merkel usai bertemu Perdana Menteri Denmark Lars Lokke Rasmussen di Berlin sebagaimana dilansir Reuters, Jumat (13/4/2018).

“Tapi kami mendukung semua yang dilakukan untuk menunjukkan bahwa penggunaan senjata kimia tidak dapat diterima,” tambahnya.

Merkel juga menyampaikan penyesalannya mengenai keputusan Rusia yang memveto rancangan resolusi PBB pada Selasa yang mempertimbangkan pembentukan badan ahli baru untuk menentukan pihak yang bertanggungjawab atas dugaan serangan senjata kimia di Douma.

Sabtu lalu, kelompok White Helmets melaporkan adanya serangan senjata kimia dan mengklaim bahwa tentara Suriah menjatuhkan amunisi berisi zat klorin di Douma yang menewaskan warga sipil.

Beberapa negara Barat, termasuk Amerika Serikat, Prancis dan Inggris telah mengancam akan melakukan aksi militer terhadap Suriah sebagai respons atas laporan serangan senjata kimia tersebut.

Pemerintah Suriah secara tegas membantah tuduhan tersebut dan meminta organisasi pengawas senjata kimia, OPCW untuk melakukan penyelidikan. Tim penyelidik dari organisasi tersebut akan mulai bekerja di Douma pada Sabtu untuk mencari bukti-bukti terkait dugaan serangan tersebut. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami