EkonomiFinansial

JHT Naik Selama Corona disebabkan Banyak yang Resign

BTN iklan

Legal Era Indonesia- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek menyebutkan bahwa kenaikan klaim Jaminan Hari Tua (JHT) oleh pekerja selama masa pandemi Virus Corona saat ini. Alasan mereka paling banyak karena mengundurkan diri atau resign dari pekerjaan.

Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan, Agus Susanto, saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR di Senayan hari ini menjelaskan total klaim JHT hingga bulan Juli yang sudah dibayarkan sebesar Rp18,1 triliun. Jumlah tersebut untuk 1,4 juta pekerja.

“Ada kenaikan,” ujarnya, Rabu 26 Agustus 2020.
Agus menjabarkan, dari jumlah itu sebanyak 78 persennya beralasan resign dari pekerjaannya. Sementara itu, karena alasan pemutusan hubungan kerja atau PHK sebanyak 20 persen, lalu karena pensiun 2 persen.

“Pekerja yang ambil klaim JHT, kalau dari skala usaha, sebagian besar skala usaha besar 29 persen, menengah 44 persen dan mikro 8 persen,” tambahnya.

Sementara itu lanjutnya, pekerja usia 29 hingga 30 tahun adalah yang terbanyak mengajukan klaim, yaitu 46 persen. Diikuti oleh usia 30-40 tahun 29 persen dan 40-50 tahun 15 persen.

“Sedangkan usia 50-57 tahun sebanyak 7 persen,” tegasnya.

Dalam hal ini semua klaim tersebut bisa berjalan dengan baik, Agus mengatakan BP Jamsostek melakukan transformasi digital dengan layanan tanpa kontak. Layanan itu ditegaskannya sesuai dengan protokol kesehatan COVID-19. (ren)

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami