EkonomiFinansialPolitik

Jokowi akan Tingkatan Anggaran Dana Desa Hingga Rp 400 Triliun Bila Terpilih Lagi

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Calon Presiden Joko Widodo berjanji meningkatan anggaran dana desa jika terpilih sebagai pemenang pada Pilpres 2019.

Saat ini, kata dia, pemerintah telah menggelontorkan anggaran dana desa sebesar Rp 187 triliun mulai 2015 hingga 2019.

Perinciannya masing-masing Rp 20 triliun, Rp 47 triliun, Rp 60 triliun, Rp 60 triliun, dan Rp 70 triliun.

“Dalam lima tahun ke depan, kami perkirakan dana desa akan mencapai Rp 400 triliun,” kata Jokowi dalam acara Konvensi Rakyat di Sentul International Convention Center, Bogor, Jawa Barat, Minggu (25/2).

Jokowi menambahkan, setengah penduduk Indonesia bermukim di desa. Kehidupan warga desa itu pun lebih miskin ketimbang masyarakat yang hidup di kota.

Oleh karena itu, Jokowi berharap pemanfaatan dana desa bisa digunakan lebih baik guna menekan angka kemiskinan di tanah air.

“Dengan pemanfaatan yang semakin baik, inilah salah satu alasan kita harus optimistis semakin sejahtera,” katanya.

Pihaknya juga berupaya membangun banyak waduk dan bendungan guna mengairi lahan pertanian. Dengan begitu kehidupan petani di desa akan lebih sejahtera.

Jokowi juga mendorong para petani membentuk korporasi agar semakin baik dalam bercocok tanam dan menjual hasil pertaniannya.

“Ke depan kami ingin menggunakan teknologi untuk kesejahteraan petani. Kami ingin mendekatkan petani dengan pasar dan industri hilir,” ujar Jokowi.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

98 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami