Kesehatan

Jokowi Desak Vaksin Corona untuk dilihat Efektifitasnya

BTN iklan

Presiden Jokowi kembali menggelar rapat terbatas soal vaksin corona, Senin (26/10). Dalam ratas tersebut, Jokowi mengingatkan para menterinya untuk memperhatikan betul soal keamanan dan efektivitas vaksin corona yang akan diberikan kepada masyarakat.

“Saya minta pengadaan dan pelaksanaan vaksinasi betul-betul dipastikan keamanan dan keefektivannya. Keamanan artinya kalau disuntik, betul-betul sudah melalui tahapan uji klinis yang benar,” kata Jokowi saat membuka ratas dari Istana Merdeka.
Jokowi menekankan, aspek keamanan dan efektivitas vaksin COVID-19 sangat penting karena menjadi perhatian utama masyarakat dan para pakar serta peneliti. Jika terjadi satu kesalahan saja, Jokowi menyebut pemerintah bisa kehilangan kepercayaan publik.
“Ada satu saja yang bermasalah, nanti bisa menjadikan ketidakpercayaan masyarakat terhadap upaya vaksinasi ini,” lanjut Jokowi.

 

Oleh sebab itu, Jokowi mengingatkan seluruh tahapan persiapan vaksin corona harus melalui kaidah-kaidah ilmu, data, serta standar kesehatan yang berlaku. Pun, ia tak ingin pemerintah dianggap terburu-buru sehingga mengabaikan standar kesehatan yang harus dipenuhi dalam pemberian vaksin corona.
“Hati-hati, jangan sampai kita tergesa-gesa, ingin vaksinasi sehingga kaidah-kaidah scientific, data sains dan standar kesehatan dinomorduakan. Tidak bisa,” kata Jokowi.

“Jangan timbul persepsi bahwa pemerintah tergesa-gesa, terburu-buru, tanpa mengikuti koridor-koridor ilmiah yang ada. Tolong ini betul-betul kita lalui semuanya. Meskipun kita ingin dipercepat tapi sekali lagi hal-hal tadi jangan sampai dilupakan,” lanjut Jokowi.

Jokowi menekankan, pemerintah memang ingin bergerak cepat dalam urusan vaksin COVID-19. Namun, gerak cepat ini harus disertai dengan perencanaan dan persiapan matang.
Apalagi, lanjut Jokowi, vaksinasi corona menyangkut banyak aspek yang harus disiapkan dengan rinci dan perencanaan matang.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami