Ekonomi

Jokowi Kecewa Lihat Kinerja Menteri Perdagangan, ITPC Diancam akan Ditutup

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Dalam rapat kerja dengan jajaran Kementerian Perdagangan di Istana Negara, Presiden Joko Widodo sempat menegur kinerja Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita dan jajarannya.

Nilai ekspor Indonesia menurut Presiden Joko Widodo harusnya bisa di atas negara tetangga seperti Thailand dan Malaysia.

Presiden Jokowi juga mengancam akan menutup Indonesian Trade Promotion Center (ITPC), jika badan itu tidak bisa memberikan dampak positif bagi perdagangan Indonesia.

Presiden Jokowi meminta Menteri Perdagangan segera mencari tahu apa yang menjadi penyebab nilai ekspor Indonesia yang tertinggal dibanding negara lain di Asia Tenggara.

Sri Mulyani pernah mengatakan bahwa pentingnya kerjasama semua sektor untuk meningkatkan upaya ekspor Indonesia, pada 21 Desember lalu. Indonesia masih harus bekerja keras untuk meningkatkan nilai eskpor. Pasalnya, nilai ekspor Indonesia masih tertinggal dari Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Menurutnya, Bank Indonesia mengatakan jika nilai ekspor Indonesia belum dikatakan slurpus. Maka dari itu, ia terus mendorong upaya kerja sama terkait peningkatkan nilai perekonomian Indonesia.

Menurutnya, suatu negara dapat dikatakan maju bila adalah nilai ekspornya dapat mengalahkan negara lain. “Kami mengajak sejumlah universitas untuk bekerja sama mengembangkan sumber daya manusia. Diharapkan dapat menggandeng UMKM agar lebih berproduktif,” tuturnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close