EkonomiFinansialLiputan

Jumat, Rupiah Melemah

BTN iklan

Jakarta/Lei- Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat pagi, bergerak melemah sebesar 38 poin menjadi Rp13.628 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.590 per dolar AS.

Vice President Research and Analysis Valbury Asia Securities Nico Omer Jonckheere, di Jakarta, mengatakan bahwa kenaikan suku bunga acuan The Fed yang diperkirakan terjadi pada Maret 2018 memberikan sentimen negatif bagi rupiah hingga menembus level Rp13.600 per dolar AS.

Sentimen dari Amerika Serikat, lanjut dia, juga mengubah ekspektasi pasar terhadap peluang kenaikan suku bunga The Fed menjadi sebanyak tiga hingga empat kali pada 2018 ini dari sebelumnya hanya dua hingga tiga kali.

Analis Binaartha Sekuritas Reza Priyambada menambahkan bahwa pelemahan rupiah terhadap dolar AS yang menembus level Rp13.600 per dolar AS dinilai masih tergolong dalam dinamika normal, menyusul antisipasi pasar dalam melakukan penyesuaian menghadapi kenaikan suku bunga The Fed yang diperkirakan terjadi Maret 2018.

Ia menambahkan bahwa Bank Indonesia juga diharapkan melakukan penjagaan agar mata uang rupiah tidak tertekan lebih dalam, sehingga tidak menambah kekhawatiran pelaku pasar keuangan di dalam negeri.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

14 − 12 =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami