FinansialLiputanNasional

Jumat Sore Rupiah Menguat

BTN iklan

Jakarta/Lei- Nilai tukar rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Jumat sore, bergerak menguat sebesar 94 poin menjadi Rp13.421 dibandingkan sebelumnya pada posisi Rp13.515 per dolar Amerika Serikat (AS).

Pengamat pasar uang Bank Woori Saudara Indonesia Tbk Rully Nova di Jakarta,  mengatakan bahwa rupiah terapresiasi terhadap dolar AS setelah mengalami tekanan cukup dalam pada hari sebelumnya (28/9) menyusul kebijakan fiskal Presiden AS Donald Trump.

“Kebijakan fiskal Presiden AS Donald Trump yakni memotong pajak perusahaan mulai diantisipasi pasar dan cenderung mulai mereda di pasar negara berkembang, termasuk Indonesia. Saat ini, pasar mulai melakukan kalkulasi investasinya dengan memasukan faktor itu,” paparnya.

Adanya Bank Indonesia di pasar valas domestik juga turut menjadi salah satu faktor yang mendorong rupiah kembali bergerak di area positif.

Apalagi, lanjut dia, fundamental ekonomi nasional yang masih cukup kuat menambah faktor positif bagi aset-aset berdenominasi rupiah untuk diakumulasi.
“Fundamental ekonomi Indonesia yang stabil akan menjaga rupiah untuk jangka panjang,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Riset Monex Investindo Futures Ariston Tjendra mengatakan bahwa dalam jangka pendek ini mata uang di negara berkembang, termasuk rupiah masih dibayangi oleh sentimen produk domestik bruto (PDB) Amerika Serikat yang menunjukan angka lebih tinggi.

Sementara itu, dalam kurs tengah Bank Indonesia (BI) pada Jumat ini (29/9) mencatat nilai tukar rupiah bergerak melemah ke posisi Rp13.492 dibandingkan posisi sebelumnya Rp13.464 per dolar AS.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

24 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami