Internasional

KA yang Diduga Ditumpangi Kim Jong-un Kembali ke Pyongyang

BTN iklan

BEIJING (LEI) – Rangkaian kereta api (KA) berwarna hijau yang diduga ditumpangi oleh Pemimpin Tertinggi Korea Utara Kim Jong-un, telah meninggalkan Beijing, China. Pengamanan di tempat pengingapan bagi tamu negara, Diaoyutai, pun sudah berangsur normal pada sore waktu setempat.

Sekira dua jam setelah kereta antipeluru itu pulang menuju Pyongyang, awak media berkumpul di Stasiun Kereta Api Beijing. Dua orang sumber, yang namanya minta dirahasiakan, mengonfirmasi bahwa tamu misterius dalam kereta api tersebut adalah Kim Jong-un.

“Itu bukan adiknya (Kim Yong-jong), tetapi Kim Jong-un sendiri,” ujar seorang sumber, melansir dari South China Morning Post, Selasa (27/3/2018).

Meski demikian, Kementerian Luar Negeri China kembali belum dapat mengonfirmasi kunjungan mendadak dari Kim Jong-un tersebut. Ofisial di Departemen Internasional Komite Sentral Partai Komunis China yang menangani isu Korea Utara juga belum dapat memberi informasi berguna.

Sebagai informasi, kunjungan pemimpin Korea Utara ke China biasanya baru akan diumumkan beberapa jam setelah mereka meninggalkan Negeri Tirai Bambu.

Salah satu petunjuk utama bahwa sang tamu misterius benar Kim Jong-un adalah kereta api itu sering digunakan kakek dan ayahnya saat berkunjung ke China. Kereta api itu biasanya melewati Jembatan Persahabatan di Dandong sebelum menuju Beijing.

Petunjuk lainnya adalah jalanan di sekitar Diaoyutai di mana tamu negara biasanya menginap, ditutup sepanjang Senin 26 Maret. Warga lokal pun diminta untuk menghindari area tersebut.

Awak media juga ditahan di balik barikade sekira ratusan meter dari Diaoyutai ketika iring-iringan kendaraan yang dikawal oleh voorijdermeninggalkan area tersebut sekira pukul 09.30 waktu setempat. Iring-iringan polisi baru kembali sekira dua jam kemudian.

Media Jepang mendeskripsikan kereta tersebut sebagai kereta hijau dengan garis horizontal kuning dan 21 gerbong. Rangkaian tersebut serupa dengan gaya kereta yang membawa ayah Jong-un, Kim Jong-il, ketika berkunjung ke China pada 2011. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami