Liputan

KAI: Jumlah Penumpang Libur Akhir Tahun Naik

BTN iklan

Solo, 2/1 (Antara) – Kereta Api Indonesia (KAI) menyatakan jumlah penumpang dari Solo, Jawa Tengah, selama libur akhir tahun mengalami kenaikan hingga sekitar 26 persen dibandingkan dengan hari normal.

“Puncak arus balik terjadi pada tanggal 1 Januari 2018, okupansi seluruh KA yang ada di atas 100 persen,” kata Kepala Stasiun Solo Balapan Nuruddin di Solo, Selasa.

Ia mengatakan pada puncak arus balik tersebut jumlah penumpang mencapai 8.184 penumpang.

Ia menjelaskan bahwa angka itu tumbuh 33 persen dibandingkan dengan periode yang sama pada tahun lalu.

“Memang untuk jumlah penumpang lebih tinggi tahun ini karena kalau dilihat dari jumlah KA tambahan saja juga jauh lebih banyak saat ini. Jika periode liburan pergantian tahun lalu jumlah KA tambahan sebanyak 12 KA untuk tahun ini sebanyak 18 KA tambahan,” kata dia.

Ia mengatakan jumlah KA tambahan itu merupakan KA yang berangkat melalui Stasiun Solo Balapan maupun yang melintas melalui stasiun tersebut.

Nurrudin mengatakan untuk KA tambahan yang berangkat dari Solo Balapan, yaitu KA Mutiara Timur Tambahan tujuan Surabaya, Jember, Banyuwangi, dan KA Gajayana Tambahan dengan tujuan Malang.

Selanjutnya, kata dia, ada KA Argolawu Fakultatif tujuan Gambir, KA Argo Dwipangga Fakultatif dan KA Lodaya Tambahan tujuan Jakarta, KA Wijayakusuma tujuan Cilacap.

“Sedangkan untuk pelayanan KA lokal rute Solo-Yogyakarta, yaitu KA Sidomukti yang juga beroperasi tanggal 22 Desember 2017-1 Januari 2018,” kata dia.

Ia mengatakan dari total jumlah penumpang KA selama libur akhir tahun tersebut, khusus untuk KA lokal komposisinya mencapai sekitar 40 persen.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close