Internasional

Kaisar Akihito akan Turun Takhta pada 30 April 2019

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Kaisar Jepang Akihito dijadwalkan untuk turun takhta pada 30 April 2019. Keputusan tersebut dibuat usai diskusi antara politisi, yudikatif dan anggota keluarga kekaisaran Jepang yang telah dilangsungkan pada Jumat (1/12).

Dilaporkan Japan Times, Dewan Rumah Tangga Kekaisaran yang beranggotakan 10 orang mengatakan, Pangeran Naruhito yang berusia 57 tahun akan naik takhta pada keesokan harinya, atau 1 Mei 2019.

Kaisar Akihito yang kini berusia 83 tahun sempat menyampaikan keinginannya untuk turun takhta melalui pesan video pada Agustus 2016.

Dewan Rumah Tangga Kekaisaran kemudian membuat undang-undang pada bulan Juni lalu yang mengizinkan seorang kaisar untuk mengundurkan diri. Akihito pun akan menjadi kaisar pertama yang turun takhta dalam 200 tahun terakhir.

Undang-undang tersebut juga mensyaratkan perdana menteri untuk mendengar pendapat dari Dewan Rumah Tangga Kekaisaran. Perdana Menteri Shinzo Abe menindaklanjuti dengan menggelar rapat dengan Badan Rumah Tangga Kekaisaran di Tokyo.

Dewan Rumah Tangga Kekaisaran badan penasihat nasional yang bertugas membahas masalah penting terkait keluarga kerajaan Jepang. Dewan ini telah menggelar pertemuan delapan kali sejak 1947 dan terakhir pada 1993 saat membahas pernikahan putra mahkota Naruhito dengan Masako Owada.

Pemerintah awalnya lebih memilih kaisar turun takhta pada Desember 2018 dan memulai era baru di awal 2019.

Namun usulan tersebut tak direstui Badan Rumah Tangga Kekaisaran karena bertepatan dengan upacara tahun baru yang juga merupakan agenda penting. Kaisar Akihito naik takhta menggantikan sang ayah yang juga Kaisar sebelumnya, Hirohito, pada 1989 dan memulai era Heisei. [Kompas]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami