Olahraga

Kalahkan Mesir, Arab Saudi Menghadiahi Juan Antonio Pizzi Kontrak Baru

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Keberhasilan Juan Antonio Pizzi mengantar Timnas Arab Saudi mengalahkan Mesir pada laga terakhir penyisihan Grup A Piala Dunia 2018 memuaskan Federasi Sepak Bola Arab Saudi (SAFF). SAFF mengganjar prestasi itu dengan memperpanjang masa kontrak Juan Antonio Pizzi hingga akhir Piala Asia 2019.

Hal itu dilakukan karena pelatih berkewarganegaraan Spanyol itu mampu menghadirkan kemenangan pertama di Piala Dunia dalam 24 tahun terakhir bagi Arab Saudi.

Juan Antonio Pizzi direkrut SAFF pada November 2017 dan dikontrak hanya sampai Piala Dunia 2018 berakhir. Kiprahnya bersama Timnas Arab Saudi sempat diragukan setelah tim asuhannya dihajar 0-5 oleh Rusia pada laga perdana Piala Dunia 2018 (14/6/2018).

Pasca kekalahan telak itu, ia jadi sasaran ketidakpuasan dan kritik negatif dari berbagai kalangan, termasuk komentar keras dari SAFF.

Bahkan, sempat muncul wacana mengganti pelatih di tengah turnamen, seperti yang dilakukan SAFF saat memecat pelatih Alberto Parreira pada Piala Dunia 2018.

Namun, setelah “hanya” kalah 0-1 dari Uruguay, komentar negatif mereda. Apalagi setelah akhirnya Salem Al-Dawsari dkk. mampu mengalahkan Mesir secara dramatis dengan skor 2-1.

Kemenangan itu membuat Arab Saudi menduduki peringkat ketiga klasemen akhir Grup A dengan poin tiga, yang menjadikan mereka pulang dengan kepala tegak.

Sejak duduk di kursi panas pelatih Timnas Arab Saudi, Juan Antonio Pizzi sudah menjalani 12 pertandingan, empat laga di antaranya berujung kemenangan.

SAFF tentu berharap rasio kemenangan bisa ditingkatkan di Piala Asia 2019. Arab Saudi kali terakhir menjuarai turnamen paling bergengsi di Asia ini pada edisi 1996. Pada Piala Asia 2019 mereka jadi satu di antara kandidat juara.

Di Piala Asia 2019, Timnas Arab Saudi tergabung di Grup E bersama Qatar, Lebanon, dan Korea Utara. Piala Asia 2019 digelar di Uni Emirat Arab pada 5 Januari-1 Februari 2019.

[Arab News]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami