Internasional

Kalahkan Petahana, Ibrahim Solih Akan Jadi Presiden Baru Maladewa

BTN iklan

MALE (LEI) – Kandidat kubu oposisi Maladewa, Ibrahim Mohamed Solih memenangi pemilihan presiden negara Asia Selatan itu dengan 58,3 persen suara atas petahana Abdulla Yameen. Pemilihan presiden tersebut hanya melibatkan dua calon setelah beberapa kandidat lain yang mencalonkan diri dipenjara atau dalam pengasingan.

Hasil resmi pemungutan suara yang dilansir AFP, Senin (24/9/2018) menunjukkan Solih mendapatkan 133.808 suara berbanding 95.526 suara yang didapatkan Yameen dalam pemilihan yang diikuti oleh lebih dari 88 persen pemilih.

Solih yang mendapat dukungan dari kubu oposisi yang bersatu mencoba untuk melengserkan Yameen, berjuang untuk dilihat oleh para pemilih. Media lokal Maladewa membatasi laporan mereka terhadap oposisi karena ketakutan akan dekrit tindakan keras dari pemerintah.

“Saya menyerukan kepada Yameen untuk menghormati kehendak rakyat dan mewujudkan transfer kekuatan yang damai dan mulus,” kata Solih dalam pidato di televisi sesaat setelah hasil sementara dari komisi pemilihan umum menyatakan dia unggul dengan 58 persen suara.

Dia juga segera menyerukan petahana untuk membebaskan sejumlah tahanan politik yang dipenjara.

Yameen yang sebelumnya difavoritkan untuk mempertahankan jabatannya telah memenjarakan dan mengasingkan hampir semua lawan-lawan politik utamanya.

Sebelum pemungutan suara dibuka, polisi menggerebek markas besar kampanye oposisi Partai Demokrat Maladewa (MDP) dan menggeledah gedung selama beberapa jam dalam upaya untuk menghentikan apa yang mereka sebut “kegiatan ilegal”. Tidak ada penangkapan yang dilakukan dalam penggerebekan tersebut.

Pimpinan MDP, Mohamed Nasheed mengatakan, hasil pemungutan suara ini akan mengembalikan Maladewa ke jalan demokrasi. Dia mengatakan Yameen tidak akan punya pilihan selain mengakui kekalahannya. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami