HEADLINESHukum

Kantor Kejaksan Agung Terbakar, Disengaja?

BTN iklan

JAKARTA, LEI – Debat panas, Antasari Azhar tegur Haris Azhar soal kebakaran Kejaksaan Agung, pakar bongkar kejanggalan api.

Mantan Ketua KPK yang juga yang juga mantan Jaksa Antasari Azhar menegur aktivis Haris Azhar yang berspekulasi soal penyebab kebakaran Gedung Kejaksaan Agung.

Sementara, pakar konstruksi menyebut ada kejanggalan dalam kebakaran tersebut.

Antasari Azhar menilai spekulasi Haris Azhar nantinya bisa berkembang memprovokasi masyarakat.

Sejauh ini penyebab kebakaran hebat yang terjadi di gedung Kejaksaan Agung, Sabtu (22/8/2020), masih memberikan tanya.

Tidak sedikit publik yang lantas berspekulasi bahwa penyebab kebakaran Kejaksaan Agung bukan murni karena faktor ketidaksengajaan atau korsleting arus listrik.

 

Melainkan juga ada kaitannya dengan kasus-kasus yang sedang dihadapi oleh Kejaksaan Agung, mulai dari kasus Jiwasraya hingga Djoko Tjandra.

Mantan Direktur Penyidikan Umum Kejaksaan Agung, Antasari Azhar pun meminta kepada masyarakat untuk tidak berprasangka buruk terhadap kebakaran di Kejagung.

Dirinya juga meminta kepada Pemerhati Hukum dan HAM, Haris Azhar untuk tidak ikut memberikan spekulasi-spekulasinya dengan mengaitkan terhadap kasus yang sedang ditangani.

Antasari Azhar tidak ingin spekulasi yang disampaikan Haris Azhar justru menjadi provokasi terhadap masyarakat.

 

Menanggapi hal itu, Haris Azhar pun mengatakan bahwa yang berspekulasi bukan hanya dirinya saja, melainkan juga dirasakan sendiri oleh masyarakat dan sudah menyebar luas.

“Pak Antasari begini makanya tadi saya bilang kalau Bapak bilang jangan berspekulasi enggak bisa, di masyarakat sudah menyebar,” ujar Haris Azhar.

Dengan begitu, Antasai meminta kepada Haris Azhar untuk berusaha meluruskan spekulasi yang berkembang tersebut.

 

Harapannya supaya spekulasi tersebut tidak terlalu jauh ke mana-mana, sehingga justru bisa memperkeruh suasana.

“Nah justru itu kita luruskan Pak,” pinta Antasari.

Namun Haris Azhar membantah dengan mengatakan bahwa yang mempunyai kewenangan untuk meluruskan bukanlah dirinya, melainkan dari pihak Kejaksaan Agung maupun kepolisian setelah dilakukan pemeriksaan.

Sedangkan menurutnya, apa yang disampaikannya itu hanya sebatas bercerita atas pengalaman-pengalaman sebelumnya dalam persoalan yang sama.

“Saya enggak dalam tugas meluruskan, saya dalam tugas bercerita dan juga urun rembug sesuai dengan pengalaman,” terangnya.

Pakar Kontruksi UPH, Prof Manlian Ronald A. Simanjuntak memberikan tanggapan terkait kebakaran hebat di gedung Kejaksaan Agung.

Dilansir Manlian Ronald mengaku menemukan sebuah kejanggalan atas peristiwa kebakaran tersebut.

Dalam acara Kabar Petang ‘tvOne’, Minggu (23/8/2020), dirinya mengungkapkan bahwa kejanggalan tersebut adalah dilihat dari jilatan api yang justru berlangsung dari atas ke bawah.

Karena seperti yang diketahui, api pertama kali muncul dari lantai enam, hingga pada akhirnya mampu melahap seluruh gedung utama Kejaksaan Agung, mulai dari sayap utara ke selatan.

 

 

sumber: Tribun.com

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami