Internasional

Kapal Perang Inggris HMS Albion Kunjungi Jakarta 22-25 April

BTN iklan

JAKARTA (LEI) – Kapal perang milik Angkatan Laut (AL) Inggris, HMS Albion, akan singgah selama tiga hari di Pelabuhan Tanjung Priok pada 22-25 April. Kunjungan tersebut dilakukan dalam rangka meningkatkan kerjasama pertahanan antara AL Inggris dengan AL Indonesia.

Selama kunjungan tersebut, para kru kapal HMS Albion akan melakukan pertemuan bilateral dengan AL Indonesia, Industri Pertahanan Inggris, dan juga mengunjungi Panti Asuhan Nuruz Zahroh di Koja, Jakarta Utara.

“Kita memiliki hubungan pertahanan yang bertumbuh dengan Indonesia yang mendukung kepentingan keamanan bersama serta kemakmuran. Kunjungan HMS Albion di Indonesia memberikan kesempatan untuk mendukung mitra kami dalam memberikan keamanan maritim di kawasan,” ujar Duta Besar Inggris, Moazzam Malik, dalam keterangan pers yang diterima Okezone, Jumat (20/4/2018).

“Seperti Indonesia, Inggris memiliki sejarah kemaritiman yang kuat. Kita berbagi warisan perdagangan laut yang sama. Kita juga akan tetap menjadi negara maritime. Adalah kepentingan bersama untuk memiliki wilayah kelautan yang aman, mudah diakses, dan berkelanjutan,” imbuh pria keturunan Pakistan itu.

Kapal Perang Inggris HMS Albion

Komandan HMS Albion, Kapten Tim Neild mengatakan, kapal tersebut sangat cakap dalam menjalani tugasnya. Armada sepanjang 176 meter (m) itu juga diawaki oleh para pelaut yang sangat terlatih serta profesional dalam menjalankan tugasnya.

“Kami sangat tidak sabar untuk mengunjungi Jakarta guna membantu memperkuat ikatan antara Inggris Raya dengan Indonesia. Kehadiran kapal ini di Asia Pasifik menunjukkan bahwa Inggris Raya siap bekerja sama dengan mitra serta sekutu kami untuk memajukan perdamaian, keamanan, dan kemakmuran di kawasan,” tukas Tim Neild.

Beberapa waktu lalu, Menteri Pertahanan Inggris, Gavin Williamson, mengumumkan pengerahan HMS Albion ke Asia Pasifik. Kapal yang diluncurkan pada 2001 itu merupakan armada perang Inggris ketiga yang diterjunkan guna memastikan sanksi internasional tetap berlaku terhadap Korea Utara (Korut).

Kapal serbu itu akan bergabung dengan HMS Sutherland dan HMS Argyll yang terlebih dahulu telah berada di wilayah Asia Pasifik. Ketiga kapal akan melakukan latihan bersama dengan Australia, Malaysia, Selandia Baru, dan Singapura, dalam waktu dekat. (okezone)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami