BTN iklan
EkonomiLiputanTraveling

Kartu KRL Dapat Dipakai di Bus Kota

JAKARTA, 16/3 (LEI) – Kartu Multi Trip Kereta Rel Listrik (KRL) kini dapat digunakan untuk bus kota, yaitu Bus Perum Pengangkutan Penumpang Djakarta (PPD) mulai Jumat.

Direktur Operasi dan Pemasaran PT Kereta Commuter Indonesia Subakir di Jakarta, Jumat, mengatakan kerja sama tersebut tidak hanya alat bayar yang diintegrasikan, tetapi juga integrasi kemudahan perpindahan moda.

“Sinergi KCI dan Perum PPD ini akan memberikan pelayanan dan kemudahan serta nilai lebih bagi seluruh pengguna jasa KRL. Ini juga sejarah bagi kami karena untuk pertama kalinya Kartu Multi Trip dapat digunakan sebagai alat bayar di luat ekosistem KCI sendiri,” katanya.

Direktur Utama Perum PPD Pande Putu Yasa mengatakan kerja sama tersebut telah dituangkan dalam penandatanganan perjanjian kerja sama yang dilakukan di Semarang.

“Sinergi ini untuk memberikan kemudahan bagi pengguna jasa angkutan KRL maupun bus dan untuk menjawab kebutuhan masyarakat di masa yang akan datang atas terintegrasinya antara mereta dan bus kota, baik dari segi tiket maupun dari segi antarmoda,” katanya.

Dengan kerja sama tersebut, KMT menjadi alat transaksi pembayaran tiket selama masa uji coba layanan Transcommuter.

“Kenapa namanya Transcommuter karena ada integrasinya dengan Perum PPD. Transjabodetabeknya di sini, KCI komuternya. Ini langkah awal pertama dari seluruh operator yang ada di Jakarta,” katanya.

Komisaris PPD JA Barata mengingatkan program yang telah dijalankan diharapkan bisa bermanfaat bagi masyarakat.

“Dengan komitmen yang PPD punya, saya sempat ingatkan juga tolong apa yang kita janjikan ke publik jangan sampai tidak terealisasi. Teman-teman di KCJ dan PPD bisa mendukung janji-janji ini,” katanya.

Untuk tahap awal, rute Transcommuter yang dioperasikan PPD adalah Stasiun Sudirman-Stasiun Gambir dan Stasiun Sudirman-Blok M dengan tiket seharga Rp5.000 untuk satu kali perjalanan.

Pengguna KRL Commuter Line yang tiba di Stasiun Sudirman dapat langsung berganti moda ke bus PPD menuju Gambir atau Blok Mdi titik penjemputan yang telah tersedia di pintu kwluar stasiun arah Jalan Blora.

Layanan ini juga diharapkan dapat mempermudah pengguna Kereta Api jarak jauh di Stasiun Gambur untuk berpindah moda menuju Stasiun KA Bandara dengan menggunakan Transcommuter dari Stasiun Gambir menuju Stasiun Bandara di Sudirman.

Armada Transcommuter PPD siap melayani pengguna mulai pukul 05.00 WIB hingga 22.00 WIB setiap harinya dengan waktu pemberangkatan 30 menit sekali.

Mekanismenya sebagai berikut, pengguna melakukan tempel KMT pada pembaca kartu yang tersedi di dalam bus dan otomatis saldo akan terpotong.

Bagi pengguna yang tidak memiliki KMT atau saldonya kurang, dapat membeli KMT Edisi Khusus “Ayo Naik Transportasi Umum, Biar Enggak Macet” dengan harga Rp35.000 atau sudah termasuk saldo Rp15.000 yang dijual petugas dalam bus PPD.

Layanan tersebut ajan berlangsung hingga 12 April mendatang untuk diuji coba, selama satu bulan ke depan pengguna yang tidak memiliki KMT dapat membayar secara tunai kepada petugas sebesar Rp5.000.

Di luar masa uji coba, pengguna wajib menggunakan KMT sebagai pembayaran pada bus Transcommuter. Budi Suyanto [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close