EntertainmentLifestyle

Karya Musik Vira Talisa Raih Penghargaan Kedubes Prancis

BTN iklan

Jakarta (LEI) – Penyanyi Vira Talisa mendapat penghargaan Alumni Award untuk kategori Talenta Muda dari Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis untuk Indonesia. Vira mengaku penghargaan itu membuatnya semakin ringan dan mudah untuk bermusik.

“Bermusik jadi lebih ringan karena ada apresiasi dari Kedubes Prancis. Selama saya bermusik, ternyata mereka menyadari karya saya,” kata Vira saat ditemui dikawasan Jakarta Pusat, Jumat (4/5).

Vira bercerita bahwa dirinya mulai bermusik sejak menimba ilmu di Jurusan Arts Plastiques Universitas Rennes II, Prancis, pada 2012 lalu. Ia sering datang ke berbagai acara musik di Kota Rennes sampai akhirnya kenal dengan sejumlah musisi negara itu.

Kala itu, Vira sudah punya sejumlah lagu yang ditulis di Jakarta dan Rennes. Kemudian sejumlah musisi Prancis mendukungnya untuk rekaman dan merilis karya.

Vira akhirnya merekam lima lagu yang melibatkan tujuh musisi Prancis, di antaranya If I See You TomorrowInto DustGet Up Get DownWalking Back Home dan Whirlwind.

“Rekaman, mixing dan mastering di Prancis, ketika sampai Indonesia materi sudah siap rilis. Semua lagu diproduseri dan diaransemen Romain Baousson,” katanya.

Kembali ke Indonesia pada 2016, Vira merilis lima lagu lewat mini album bertajuk penamaan diri sendiri. Pucuk dicinta ulam pun tiba, mini album itu mengantar Vira mendapat nominasi Anugerah Musik Indonesia (AMI) Award 2017 di kategori Pendatang Baru Terbaik.

Beberapa waktu lalu, dia juga baru merilis lagu Janji Wibawa. Tembang itu akan masuk dalam album perdananya yang direncanakan rilis pada Agustus mendatang.

Dalam kesempatan yang sama, Penanggung Jawab France Alumni Indonesia Indah Tridiyanti menjelaskan alasan kemenangan Vira. Awalnya Kedubes Prancis menyaring warga Indonesia yang pernah menimba ilmu di Prancis menjadi tiga besar.

Kedubes Prancis, kata Indah, mengikuti sepak terjang tiga nomine tersebut mulai dari Januari tahun ini. Mereka kemudian berdiskusi secara internal untuk menentukan Vira sebagai pemenang.

“Hanya Vira yang berprofesi sebagai musisi dari tiga nomine, nomine lain adalah pemandu acara dan seniman. Kami pilih Vira karena tak lama setelah kembali dari studi di Prancis, ia merilis album mini dan dapat nominasi AMI,” katanya.

Indah mengungkapkan tahun ini merupakan kali kedua diadakan penganugerahan terhadap warga Indonesia yang pernah menimba ilmu di Prancis. Ada empat orang lain yang juga mendapat penghargaan, yakni Meiza Azizah di kategori wirausaha, Harry Widianto di kategori studi manusia purba, Avanti Fontana di kategori ekonomi serta inovasi, serta Refi Kunaefi di kategori lingkungan hidup. [cnn indonesia]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close