BTN iklan
EntertainmentLifestyle

Kaset Demo Langka Nirvana Kembali Diunggah

JAKARTA, (LEI) – Dalam beberapa minggu terakhir, secara pararel sejumlah artefak langka terkait Nirvana dan Kurt Cobain kembali tersebar di dunia maya. Dari mulai kaset demo studio sampai surat yang konon ditulis oleh mendiang Kurt sendiri.

Munculnya sejumlah artefak langka dari band legenda grunge itu segera menjadi perhatian para penggemarnya. Begitu juga dengan media musik internasional yang tak ketinggalan untuk merilisnya sebagai berita hangat.

Karya-karya itu diunggah di kanal Youtube oleh akun ‘the Observer’. Menurut Spin.com, si pemilik akun adalah seorang musisi asal Tacoma, Washington DC, Amerika Serikat. Ia adalah John Purkey yang mengklaim dirinya cukup dekat dengan Kurt semasa hidupnya.

Artefak langka yang mungkin paling banyak menjadi perhatian dan disyukuri keberadaannya oleh para penggemar Nirvana adalah 4 buah kaset pita. Dimana di dalamnya berisi sejumlah demo Nirvana dengan kualitas sound yang masih sangat mentah (raw).

Menurut Purkey, keempat kaset itu ia terima sendiri dari Kurt. Track-track yang ada di dalamnya merupakan demo studio pada masa awal-awal Nirvana. Termasuk beberapa lagu populer Nirvana dalam versi awal. Seperti ‘Imodium’ yang kelak akan muncul dalam Nevermind dengan judul ‘Breed’.

Bagi kolektor dan penggemar Nirvana, lagu-lagu di dalam keempat kaset itu memang tak akan asing. Karena track-track itu pun sebagaian besar sudah dirilis dalam kompilasi dan box set pasca kematian Kurt. Tapi sound yang masih raw dan bersumber dari kaset pita ini sangat menarik untuk disimak.

KASET DEMO PERTAMA

Kaset ini dikatakan Purkey merupakan sesi rekaman pertama yang dilakukan di Reciprocal Studio, Seattle. Dimana penggebuk drumnya saat itu masih Dale Crover (Melvins).

Berikut adalah urutan lagu dalam kaset demo yang pertama kali diberikan Kurt kepada Purkey.
1. Paper Cuts
2. Downer
3. Beeswax
4. Aero Zeppelin
5. Floyd the Barber
6. If You Must
7. Spank Thru
8. Mexican Seafood
9. Pen Cap Chew
10. Montage of Heck?

KASET DEMO KEDUA

Menurut Purkey, kaset ini merupakan kaset kedua yang ia terima dari Kurt. Jika melihat ada lagu ‘Blandest’ di dalamnya, rekaman ini kemungkinan dilakukan ketika Chad Channing sudah bergabung. Dimana dalam satu kesempatan, Jack Endino pernah mengungkapkan track ‘Blandest’ direkam ketika Nirvana (bersama Chad) baru selesai melakukan pertunjukan dan belum latihan atau memperlajari lagunya secara intens.

Berikut adalah urutan lagu dalam kaset demo yang kedua kalinya diberikan Kurt kepada Purkey.
1. Blandest
2. Mr. Moustache
3. Sifting (Instrumental)
4. Blew
5. Spank Thru
6. Love Buzz (Early Single Version?)
7. Big Cheese?

KASET DEMO KETIGA

Kaset demo yang ketiga diberikan Kurt kepada Purkey merupakan materi untuk album Bleach. Hasil konversi dari kaset ke digitalnya memang tidak terlalu baik. Terutama track ‘Big Long Now’ yang pada bagian ujungnya terputus. Tapi tentu saja mendengarkannya cukup untuk membawa memori kita ke sound era pemutar kaset pita. Sebelum memasuki masa CD dan digital.

Berikut urutan lagu di dalamnya.
1. Intro
2. Scoff
3. Swap Meet
4. Blew
5. Love Buzz
6. About a Girl
7. Negative Creep
8. School
9. Big Long Now

KASET DEMO KEEMPAT

Kaset ini cukup menarik karena berisi lagu-lagu demo Nevermind. Dimana menurut Purkey, rekaman ini masih dilakukam bersama Chad, sebelum sempat diganti Dan Peters dan kemudian Dave Grohl. Beberapa lagu dalam kaset ini pun berisi lirik sedikit berbeda dengan yang kita kenal di album Nevermind. Begitu juga dengan judul lagunya.

Berikut adalah urutan lagu dalam kaset demo keempat yang diberikan Kurt pada Purkey.
1. Intro
2. Immodium (sebelum menjadi Breed)
3. Pay to Play (sebelum menjadi Stay Away)
4. Sappy
5. Polly
6. In Bloom
7. Lithium
8. Dive?

CERITA LAINNYA

Dalam video lainnya, Purkey menunjukan beberapa surat (semacam catatan pengantar) dari Kurt tentang kasetnya. Terlihat juga bagaimana ia menyimpan benda-benda langka dan berharga itu. Dimana Purkey menaruhnya secara berlapis dalam 2 kotak besi. Kotak besi pertama untuk menyimpan artefak Nirvana. Sementara kotak besi kedua yang lebih besar ia gunakan untuk menaruh kotak besi pertama.

Untuk diketahui, dua dari kaset fisik itu telah dijual Purkey karena merasa tidak cukup percaya diri untuk menjaganya. Terlepas dari persoalan itu, para penggemar Nirvana tentu patut berterima kasih padanya karena telah mengunggah rekaman berharga itu, sehingga bisa diakses. [grunge id]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close