InternasionalPailit

Kebangkrutan Warga Australia Makin Meningkat, Apa Penyebabnya?

BTN iklan

MELBOURNE, (LEI) – Negara tetangga kita, Australia, baru-baru ini merilis laporan banyak warganya yang menyatakan mereka bangkrut. Jumlah warga Australia yang menyatakan diri secara resmi mengalami kebangkrutan mengalami peningkatan sebesar 6,1 persen pada 2017. Di 2016 terjadi kenaikan lima persen dibandingkan tahun sebelumnya.

Angka tiga bulanan yang dikeluarkan Otoritas Keuangan Australia memberi gambaran berbeda mengenai masalah kebangkrutan ini dibandingkan masalah ekonomi lain yang menujukkan angka-angka yang lebih bagus. Menurut perusahaan yang bergerak di bidang pencarian mereka yang menunggak hutang (debt collection) Illion, di 2017 ada sekitar 32 ribu warga Australia yang menyatakan diri bangkrut.

Direktur Eksekutif Illion Simon Bligh mengatakan ada berbagai faktor yang menyebabkan seseorang menyatakan diri bangkrut. “Utang konsumen terus bergerak naik di Australia karena jumlah cicilan KPR yang semakin tinggi dan juga kenaikan harga untuk kebutuhan sehari-hari seperti listrik, gas, air, juga BBM dan juga kesehatan. Berbagai fakor ini ditambah dengan lemahnya tingkat kenaikan upah membuat banyak kantong pribadi warga Australia semakin terkuras,” kata Bligh.

Jumlah warga bangkrut terbanyak ada di Queensland

Jumlah warga yang menyatakan bangkrut paling banyak terjadi di Queensland, dengan 9.454 orang di 2017. “Di tahun itu di sana terjadi Badai Debbie, yang sangat mempengaruhi pariwisata dan proyek pertambangan, selain juga berkenaan dengan proyek infrastruktur pemerintah negara bagian,” kata Bligh.

10 suburb tertinggi secara nasional yang warganya menyatakan diri bangkrut di 2017
10 suburb tertinggi secara nasional yang warganya menyatakan diri bangkrut di 2017

“Peristiwa besar seperti bencana lama tidak saja mempengaruhi keuangan pemerintah, namun juga menimbulkan dampak ekonomi buruk bagi perekonomian lokal, khususnya bisnis kecil dan menengah.”

Wilayah pemukiman (suburb) Baldivis di Australia Barat merupakan kawasan yang paling banyak warganya bangkrut yaitu 103 orang, ini disebabkan karena menurunnya boom pertambangan di negara bagian tersebut.

Dua wilayah pemukiman di luar kota Melbourne, Pakenham (93 kebangkrutan) dan Craigieburn (88),serta Pimpama (88), yang terletak antara Brisbane dan Gold Coast di Queensland masuk dalam empat besar. Analisa yang dilakukan illion menunjukkan mereka yang menyatakan diri bangkrut dari sisi usia semakin muda, dengan rerata berusia 40,9 tahun di tahun 2017 dibandingkan 46,7 tahun di tahun 2013. Pria (57,4 persen) lebih banyak menyatakan bangkrut dibandingkan perempuan (42,6 persen).

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close