Lifestyle

Kebiasaan Pekerja Kantor di Jerman ini Patut Anda Terapkan

BTN iklan

JAKARTA, (LEI) – Banyak yang beranggapan bahwa produktivitas kerja hanya dipandang dari ukuran fisik saja. Padahal, dalam pemahaman tentang produktifitas disitu terkandung aspek sistem nilai. Manusia produktif menilai produktivitas dan produktif adalah berdasarkan sikap mental.

Nampaknya, soal etos dan budaya kerja masyarakat Indonesia boleh bercermin dari negara Jerman. Berikut 5 kebiasaan orang kantor di Jerman, seperti dilansir Deutsche Welle.

1. Datang on time

Beberapa orang memang punya jadwal fleksibel, tapi yang lain selalu diharapkan hadir tepat waktu. Di Jerman, tepat waktu artinya hadir lima menit sebelum waktu yang sebenarnya. Sebaiknya Anda datang sepuluh menit lebih dini – terutama jika Anda tidak memiliki kunci kantor.

2. Rajin mencatat di kertas

Jerman adalah salah satu konsumen kertas terbesar dunia. Setiap orang Jerman rata-rata menghabiskan 250 kg kertas per tahun. Kantor-kantor di Jerman terbiasa menyatakan sesuatu secara tertulis. Setiap hal penting, aturan dan keputusan akan didokumentasikan secara tertulis di atas kertas.

3. Menyalami kolega di lift

Kalau menggunakan lift, orang Jerman biasanya saling menyapa saat mereka memasuki lift dan mengucapkan selamat tinggal, atau “Tschüss,” saat meninggalkannya. Ritual ini mungkin akan berulang bagi mereka yang menuju ke lantai atas sebuah bangunan tinggi.

4.Mesin kopi, perlengkapan penting

Ada yang menarik pada hari pertama Anda di kantor, Anda akan diperkenalkan kepada rekan kerja, ruang kantor dan – yang juga penting – mesin kopi. Jika Anda berencana minum kopi secara teratur, kenali budaya kopi di kantor Anda.

Mungkin ada beberapa aturan tak tertulis tentang itu. Anda juga perlu tahu, bagaimana pembayaran penggunaan mesin kopi dan siapa yang membersihkannya.

5. Selalu ada waktu untuk kue

Ada banyak hal yang bisa dirayakan di kantor Jerman. Pendatang baru diharapkan membawa kue saat mereka memulai pekerjaan baru, perayaan yang dikenal sebagai “Einstand.” Ini adalah cara yang baik untuk berkenalan dengan rekan-rekan baru. Orang Jerman juga biasanya membawa kue untuk ulang tahun mereka sendiri, dan pada banyak kesempatan lain.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami