BTN iklan
Hukum

Kejagung tidak Masalahkan Kajati Diperiksa KPK

Jakarta, LEI/Antara РKejaksaan Agung tidak mempermasalahkan Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta, Sudung Situmorang diperiksa penyidik KPK terkait dugaan suap PT Brantas Abipraya (Persero).

“Sudung hari ini dipanggil KPK, dan itu kewajiban sesuai UU yang harus ditepati. Itu gak ada masalah semua biar mendengarkan suara fakta yg ada sesungguhnya apa yang terjadi,” kata Jaksa Agung Muda Pengawasan (JAM Was) Widyo Pramono di Jakarta, Kamis.

Sebelumnya, Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI Jakarta Sudung Situmorang dan Asisten Pidana Khusus (Aspidsus) Kejati DKI Jakarta Tomo Sitepu memenuhi panggilan KPK untuk diperiksa sebagai saksi kasus dugaaan pemberian suap.

Dikatakan, pihaknya akan terbuka ketika KPK memerlukan jaksa yang terkait dengan kegiatan modus operasi operasi yustisi. “Silakan berjalan sesuai kegiatan yang ada,” katanya.

Baik Sudung maupun Tomo juga sudah dicegah bepergian keluar negeri.

Dalam OTT tersebut disita juga uang sejumlah 148.835 dolar AS sebagai barang bukti suap.

KPK baru menetapkan Sudi, Dandung dan Marudut sebagai tersangka pemberi suap dengan sangkaan Pasal 5 ayat (1) huruf a UU No. 31 Tahun 1999 sebagaimana telah diubah dengan UU No. 20 Tahun 2001 Tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi jo Pasal 55 ayat (1) ke-1 KUHPidana atau pasal 5 ayat (1) huruf a UU 31/1999 sebagaimana telah diubah dengan UU 20/2001 tentang perubahan atas UU 31/1999 Jo pasal 55 ayat 1 ke-1 jo pasal 53 ayat 1 KUHPidana tentang penyuapan dan percobaan penyuapan.

Ancaman pidana bagi mereka yang terbukti adalah paling singkat 1 tahun dan lama 5 tahun ditambah denda paling sedikit Rp50 juta dan paling banyak Rp250 juta dan percobaan untuk melakukan kejahatan.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Komentar Anda...

Related Articles

Close
Close