Hukum

Kejagung Tunggu Bukti dari Pemerintah Terkait Pembubaran HTI

BTN iklan

Jakarta, LEI – Kejaksaan Agung sedang menunggu bukti-bukti dugaan tentang dugaan pelangggaran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) dari pemerintah yang nantinya akan dijadikan dasar untuk mengajukan pembubaran ormas tersebut ke pengadilan.

“Belum (terima bukti), sekarang sedang dalam proses untuk HTI. Tahapan dan bagaimana nanti sedang dalam proses dan pembahasan. Dan tentu kita tunggu proses dan perkembangan selanjutnya,” kata Jaksa Agung H Muhammad Prasetyo di Kejagung, Jakarta, Jumat (12/5/2017).

Menurutnya, pemerintah saat ini sedang mengumpulkan bukti-bukti, meski beberapa instansi terkait seperti Polri, Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkuhham), dan Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) sudah memilikinya.

“Bukti sedang dikumpulkan. Sebenarnya sudah ada baik dari Polri, Kemendagri, Kemenkumham. Ini kan salurannya kalau pun harus ditempuh upaya langkah-langkah hukum mengajukan tuntutan ke pengadilan untuk dibubarkan, itu prosedurnya melalui Kejaksaan,” katanya.

Setelah menerima bukti-bukti dari pemerintah, Kejaksaan kemudian akan mencermatinya untuk diajukan ke pengadilan tentang permohonan membubarkan HTI.

“Kita terima bukti-bukti dulu, kita akan teliti lagi, cermati lagi untuk dasar mengajukan tuntutan. Jadi itu masih dalam proses dan mungkin masih ada opsi lain yang bisa ditempuh dikaitkan dengan fakta-fakta yang ada dan situasi,” ujarnya.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close