HukumLiputanNasional

Kemendagri Laporkan Penjual Blangko e-KTP Secara Online Ke Polisi

BTN iklan

Jakarta/LEI- Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) melaporkan kejahatan penjualan blangko e-KTP secara daring (online) ke polisi.

Dirjen Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri Zudan Arif Fakrulloh menyatakan pelaporan itu dilakukan pihaknya ke Polda Metro Jaya setelah menemukan ada penjualan blangko e-KTP yang dilakukan penjual daring.

Zudan mengatakan pengungkapan indikasi penipuan itu setelah pihaknya memperoleh informasi soal kegiatan jual beli blangko e-KTP lewat pasar daring pada awal pekan ini. Selanjutnya, sambung Zudan, berdasarkan informasi tersebut pihaknya pun melakukan penelusuran lewat koordinasi dengan perusahaan pencetak blangko e-KTP dan toko penjual daring.

Mantan Kabiro Hukum Kemendagri itu juga meminta kepada semua toko daring dan pihak-pihak lain yang masih menawarkan penjualan blangko e-KTP agar menghentikan praktiknya. Sebab, tegas Zudan, para penjual blangko itu bisa diancaman pidana berat dan dapat mengganggu kondusivitas dan stabilitas negara.

Menurut dia, setiap blangko KTP-e memiliki nomor UID atau nomor identitas chip khas yang membedakan satu dengan yang lain. Nomor ini tercatat secara sistematis sehingga dapat diketahui dengan mudah keberadaan blangko KTP-l.

Atas dasar itulah, kata Zudan, pihaknya dengan mudah mendapatkan petunjuk asal blangko e-KTP yang diperjualbelikan tersebut: di mana posisinya, dan kemana didistribusikan, serta oknum yang melepaskannya ke pasar.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

One Comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close