LiputanNasional

Kemendes PDTT Gelar Expo Prukades

BTN iklan

JAKARTA/Lei – Sebagai upaya untuk mengundang investor sekaligus meningkatkan investasi di pedesaan, Kementerian Desa dan PDTT menggelar Expo Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (Prukades) 2017 untuk mempromosikan produk unggulan daerah kepada masyarakat luas.

“Ini merupakan suatu peluang yang akan menjadi daya tarik para investor, baik dari dalam negeri maupun luar negeri untuk masuk menggarap potensi produk unggulan yang ada di kawasan perdesaan,” kata Menteri Desa PDTT Eko Putro Sandjojo dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Minggu (30/7/2017).

Kegiatan Expo Prukades tersebut digelar di Hall Mezzanine Thamrin City, Jakarta sejak Jumat (28/7) hingga akhir Juli.

Dalam kesempatan itu, Eko menambahkan, upaya pengembangan produk unggulan perdesaan tidak hanya melalui gelaran expo.

Dirinya secara rutin telah menginisiasi adanya forum bisnis yang mempertemukan kepala daerah, perbankan, dan kementerian/ lembaga terkait.

“Dalam setiap forum bisnis, kita panggil sejumlah Bupati dan pertemukan langsung dengan sejumlah pihak dari perusahaan, perbankan dan kementerian. Kita minta produk unggulannya apa dan kita tawarkan kepada pihak terkait. Ini merupakan solusi yang konkret dalam pengembangan Prukades,” katanya.

Expo Prukades 2017 tersebut terdiri dari serangkaian kegiatan, diantaranya yakni pameran Prukades oleh Pemerintah Provinsi dan Kabupaten, talkshow membahas pengembangan Prukades, dan berbagai pameran produk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Sejumlah produk olahan yang dipamerkan diantaranya yakni produk pertanian, perikanan, peternakan, pakaian, dan kerajinan tangan.

“Jadi kita manfaatkan kesempatan kali ini sebaik-baiknya dengan meningkatkan kerjasama dan koordinasi antara Pemerintah Daerah dan Pemerintah Pusat. Kita harus fokus mengembangkan dan meningkatkan mutu dan kualitas Prukades,” ujar Menteri Eko.

Dirinya meyakini, dengan menyediakan saluran promosi serta penjualan, Prukades dapat bersaing dengan produk-produk di pasaran.

Dengan demikian, pendapatan masyarakat desa pun meningkat.

Prukades merupakan salah satu dari empat program prioritas tahun 2017 Kemendes PDTT. Tiga program unggulan lainnya adalah mengembangkan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), membangun embung, dan membangun sarana olahraga desa. Hal tersebut tercantum dalam Instruksi Menteri (INMEN) nomor 1 tahun 2017 tentang kegiatan prioritas kementerian.

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami