LiputanNasional

Kemendikbud Upayakan Pemerataan Pendidikan di NTT

BTN iklan

Jakarta/Lei-  Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan berupaya mewujudkan pemerataan pendidikan di Nusa Tenggara Timur dengan membangun sejumlah sekolah baru.

“Di tahun 2017 ini pemerintah membantu pembangunan 14 unit sekolah baru di NTT. Sebelumnya telah dibangun 80 unit sekolah baru,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendikbud Hamid Muhammad dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Sebelumnya di tahun 2016, Kemendikbud memberikan bantuan pembangunan sarana prasarana pendidikan untuk pembangunan 80 unit sekolah baru, 375 ruang kelas baru, 170 ruang perpustakaan, 75 laboratorium dan merehabilitasi 1.223 ruang belajar.

Selain itu, Kemendikbud juga memberikan bantuan penyediaan toilet yang layak untuk sekolah-sekolah di NTT.

Kemendikbud juga membangun 35 sekolah satu atap yang menyatukan sekolah dasar dan sekolah menengah pertama dalam rangka menyukseskan wajib belajar sembilan tahun. Sedangkan untuk mendorong produktivitas dan penyediaan tenaga terampil di NTT, Kemendikbud membantu pendirian 22 Sekolah Menengah Kejuruan.

Hamid mengungkapkan rata-rata 11 persen sekolah di NTT tergolong tidak layak untuk mendukung kegiatan belajar yang baik.

Untuk jenjang pendidikan dasar, sebesar 12 persen sekolah dasar dalam kategori rusak berat dan tidak layak, untuk sekolah menengah pertama sebesar 8 persen. Sedangkan untuk jenjang pendidikan menengah, 7 persen sekolah menengah atas belum memiliki sarana prasarana yang mencukupi.

Hamid mengatakan lingkungan fisik berperan penting dalam mendukung tercapainya tujuan pendidikan. Dalam proses belajar dan mengajar, sarana prasarana yang baik dapat memberi peluang gerak dan segala aspek yang berhubungan dengan upaya penyegaran pikiran bagi peserta didik.

“Peningkatan akses pada layanan pendidikan melalui penyediaan sarana dan prasarana fisik menjadi salah satu program prioritas pemerintah untuk mewujudkan pemerataan pendidikan yang berkualitas,” kata dia.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami