Internasional

Kemenhub Inventaris Terminal Tipe A

BTN iklan

JAKARTA-LEI, Kementerian Perhubungan sedang menginventarisasi terminal bus tipe A di seluruh Indonesia yang akan diambil alih pengelolaannya dari pemerintah daerah.
Inspektur Jenderal Kemenhub Cris Kuntadi menuturkan dengan inventarisasi tersebut nantinya instansinya akan mengetahui pengembangan seperti apa yang akan dilakukan terhadap terminal bus tipe A itu.
Nantinya, terininal bus tipe A yang akan diambil alih bakal dibuat senyaman mungkin untuk masyarakat pengguna angkutan Umum.
Menurutnya, sarana dan prasarana terkait dengan terminal bus tipe A akan dilengkapi oleh pemerintah pusat terutama prasarana. “Intinya sedang inventarisasi,” katanya di Jakarta, Jumat (13/5).
IJia menambahkan Kemenhub akan membuat terminal bus tipe A seperti stasiun kereta api atau bandar udara. Saat ini, Kemenhub tengah menyusun cetak biru yang akan membuat terminal bus nyaman bagi para penumpang yang ingin menggunakan jasa moda transportasi bus.
Terkait dengan sikap pemerintah daerah, dia mengatakan beberapa memperbolehkan gedung dan segala macamnya diambil oleh merintah pusat. Namun Cris menegaskan pengambilalihan itu tidak dengan terminal aset berupa tanah terminal tersebut.
Mengenai sikap pemerintah daerah itu, Cris bersikap tegas. Dia mengungkapkan apa yang dilakukan oleh pemerintah pusat terhadap terminal bus tipe A juga untuk masyarakat di daerah tersebut. Dengan pengelolaan dilakukan pemerintah pusat, imbuhnya, pemerintah daerah bakal diuntungkan.
Dia menuturkan pemda tidak perlu mengeluarkan anggaran guna memikirkan terminal bus tipe A tersebut. Menurutnya, semua sarana dan prasarana,terkait terminal bus bakal dipenuhi pemerintah pusat.
Dia menegaskan program pengambilalihan terminal bus tipe A merupakan amanat Undang-Undang. Oleh karena itu, dia akan melaporkan kepada Presiden pemda yang tidak mau mengalihkan terminalnya ke Kemenhub.
Untuk pengambilalihan terminal itu, dia menuturkan biaya yang dianggarkan sekitar Rp100 juta per terminal. Selain mengambil alih terminal secara fisik, tegasnya,
pihaknya juga mengambil alih sumberdaya manusia yang ada.
Sementara itu, Wakil Ketua Bidang Advokasi dan Riset Masyarakat Transportasi Indonesia (MTI) Djoko Setijowarno sebelumnya mengatakan lebih haik jika terminal bus tipe A diambil alih oleh pemerintah pusat.(Bisnis Indonesia)

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

8 Komentar

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami