Tekno

Kemenkominfo Ajak Masyarakat Sebarkan Konten Positif

BTN iklan

Jakarta, 17/1 (Antara) – Kementerian Komunikasi dan Informatika mengajak masyarakat untuk menyebarkan konten positif melawan konten negatif di media sosial karena tidak mungkin menghapus semua konten bermuatan negatif.

“Mari kita manfaatkan media sosial untuk membuat, memproduksi dan menyebarkan konten yang positif, daripada menyebarkan konten negatif yang tidak ada manfaatnya bagi masyarakat,” ujar Direktur Jenderal Informasi Komunikasi Publik Kemenkominfo Rositasari Niken Widyastuti, di Jakarta, Rabu.

Niken menuturkan sebagian masyarakat tidak mengetahui jika membuat, memproduksi, dan menyebarkan informasi negatif, maka akan terkena sanksi.

“Sanksi hukum baik itu hukuman penjara empat tahun atau denda maksimal Rp750 juta. Aturan tentang itu mereka tidak tahu,” ujar dia.

Ia mengingatkan, internet ibarat pisau bermata dua karena memungkinkan masyarakat berkomunikasi dan berinteraksi secara cepat, tetapi di sisi lain media sosial juga membawa dampak negatif untuk menyebarkan informasi hoax, ujaran kebencian, provokasi serta hal-hal yang berkaitan dengan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA) dan terorisme.

Menurut dia, orang merasa lebih bebas di dunia maya karena berbeda dari dunia nyata yang terdapat aturan hukum dan norma yang harus diikuti.

Karena itu, kata Niken, Kemenkominfo terus melakukan literasi media sosial kepada masyarakat, khususnya anak muda yang paling dekat dengan media sosial agar pemanfaatannya lebih sehat.

Kemenkominfo juga bekerja sama dengan lebih dari 100 perguruan tinggi di seluruh Indonesia untuk melakukan literasi media sosial di kalangan pelajar dan mahasiswa.

Menteri Kominfo juga giat melakukan kunjungan ke pimpinan-pimpinan agama melalui MUI, NU, Muhammadiyah, Konferensi Waligereja Indonesia (KWI), Persatuan Gereja-Gereja di Indonesia (PGI), Parisada Hindu Dharma, dan Walubi.

Budisantoso Budiman

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten − four =

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami