Lifestyle

Kemenpar Dukung Gebyar Garut 2017

BTN iklan

Jakarta/Lei – Kementerian Pariwisata (Kemenpar) mendukung perhelatan Gebyar Budaya Garut pada 21 Februari hingga 23 Maret 2017 di Jalan Ahmad Yani, Kabupaten Garut, Jawa Barat, dalam memperingati HUT ke-204 kabupaten itu pada 16 Februari 2017.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Wisata Nusantara Esthy Reko Astuti dalam keterangan di Jakarta, Rabu, mengatakan bagi masyarakat Garut dan wisatawan yang sedang merencanakan kunjungan wisata ke Garut sebaiknya mengagendakan hadir dalam kegiatan tahunan yang meriah ini.

Ia berharap gebyar budaya itu bisa memajukan pariwisata di Garut dan meningkatkan pemberdayaan masyarakat untuk meningkatkan dan pemerataan taraf kesejahteraan warga Garut dan sekitarnya, terutama dari sektor pariwisata.

Esthy menegaskan Kemenpar mendukung acara gebyar budaya itu apalagi Menteri Pariwisata Arief Yahya kerap meminta kementeriannya untuk selalu dapat menyelaraskan antara nilai budaya dan nilai komersial dalam pengembangan kepariwisataan.

HUT ke-204 Kabupaten Garut bertema “Mapag Abad Kedigjayaan” atau Menyongsong Abad Kejayaan sehingga sudah sepatutnya Garut meraih kejayaan serta keberhasilan yang diimpikan oleh seluruh masyarakat Garut.

Gebyar Budaya Garut 2017 itu menampilkan pameran industri pariwisata multiproduk, napak tilas hingga karnaval budaya.

Karnaval budaya akan berlangsung pada 22 Maret 2017 dari pagi hingga petang dan merupakan acara unggulan prosesi budaya yang diikuti ribuan peserta dan dimeriahkan oleh 22 grup seni unggulan Garut, lima kabupaten/kota lain di Jawa Barat, lima provinsi di Indonesia, dan empat negara sahabat.

Selain itu akan diadakan kontes ketangkasan domba Garut, pawai batik Garut, pawai kendaraan hias, petualangan wisata, kontes modifikasi mobil, enduro wisata di Tanah Legenda, kirab congcot, dan peragaan domba (domba catwalk).

Kabupaten Garut setidaknya memiliki 10 tempat tujuan wisata terkenal yakni Pantai Santolo di Kecamatan Cikelet, Situ Bagendit di Kecamatan Banyuresmi, Pantai Rancabuaya, Air Terjun atau Curug Orok di Desa Cikandang.

Ada pula pesona Gunung Papandayan di Kecamatan Cisurupan, Pantai Cijeruk Indah di Desa Segara, Air Panas Cipanas, Pantai Karang Paranje di Kecamatan Cibalong, Pantai Puncak Guha, dan Candi Cangkuang di Kecamatan Leles.

Makanan khas Garut seperti dodol juga amat terkenal dari daerah ini selain burayot, ladu, chocodot, emplod, dan opak.

Garut juga dikenal sebagai sentra kerajinan kulit seperti jaket kulit serta batik. Jeruk Garut juga terkenal karena manisnya.

Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami