LiputanNasional

Kemensos Gandeng Pekerja Seni Ikut Berpartisipasi Dalam Penaggulangan Bencana

BTN iklan

Jakarta/Lei – Kementerian Sosial menggandeng para pekerja seni untuk menjadi Sahabat Taruna Siaga Bencana (Tagana) agar turut berpartisipasi dalam penanganan bencana. “Kita menggandeng 60 orang pekerja seni yang kita latih untuk menjadi Sahabat Tagana,” kata Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam Kementerian Sosial Margowiyono yang dihubungi dari Jakarta, Selasa.Hasil gambar untuk kemensos

Para pekerja seni baik dari unsur artis yang tergabung dalam organisasi Persatuan Artis Film Indonesia (Parfi) dan unsur komedian saat ini dilatih berbagai kemampuan dasar penanganan bencana seperti mendirikan tenda, penyelamatan di air (water rescue) dan lainnya selama dua hari di Bandung,kata Direktur Perlindungan Sosial Margowiyono.

Mereka dilatih pengetahuan dasar bagaimana mekanisme penanggulangan dasar bencana. Karena dari unsur pekerja seni, mereka bisa diarahkan untuk penanganan psikososial, tambah Margowiyono.

Kemensos tidak hanya menyiapkan Tagana yang hanya memiliki kemampuan evakuasi saat bencana, tapi juga yang mempunyai kemampuan memberikan layanan psikososial. Saat ini terdapat sekitar 7.040 orang Tagana Psikososial untuk memberikan layanan trauma healing dan trauma konseling bagi korban bencana.

“Para Sahabat Tagana ini bisa ikut berpartisipasi dalam penanganan korban bencana khususnya terkait tugas pokok dan fungsi Kementerian Sosial yaitu mendirikan dapur umum dan layanan psikososial,” tambah Margowiyono.

Dia menjelaskan, saat ini terdapat sebanyak 35.000 Tagana dan 63.140 orang Sahabat Tagana dari berbagai unsur seperti mahasiswa, relawan, jurnalis serta unsur lainnya.

Badan Nasional Penanganan Bencana (BNPB) mencatat ada 323 kabupaten dan kota di Indonesia yang rawan bencana alam dan sekitar 71 kabupaten di antaranya termasuk zona merah, sehingga puluhan kabupaten zona merah itu menjadi prioritas penanggulangan bencana bagi Kementerian Sosial.

Terutama pada musim hujan dan cuaca ekstrem yang terjadi saat ini, Kemensos telah mensiagakan Tagana untuk menangani dampak bencana alam yang terjadi. *4 b/a01

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami