Olahraga

Kempo Resmi Masuk Jadi Cabang Olahraga di POPDA Jawa Barat

BTN iklan

BANDUNG, (LEI) – Pekan Olahraga Pelajar merupakan ajang untuk menemukan bakat bakat muda dari usia dini sejak anak belajar di bangku sekolah. Olahraga prestasi harus di tekuni secara berjenjang sejak anak masih duduk di bangku SD.. karena latihan merupakan proses pembelajaran yang di lakukan secara berulang sampai anak mahir.

Dalam dunia olahraga prestasi apalagi professional latihan berjenjang ini harus ditempuh agar pada usia emas (20 – 30 tahun) atlet sudah mencapai top performance.

POPDA dan POPNAS sudah rutin di selenggarakan setiap dua tahun sekali namun tidak semua Cabang Olahraga bisa masuk dalam agenda POPDA dan POPNAS hanya beberapa cabor yang dipertandingkan di ajang Olimpiade yang mendapat prioritas.

Akan tetapi pemerintah juga memberikan kesempatan olahraga lain yang sudah mempunyai unit latihan atau dojo di sekolah sekolah untuk ikut meramaikan ajang ini.

Salah satunya adalah PERKEMI Pengprov Jawa Barat. Sejak tahun 2012 kita terus melakukan pendekatan kepada pihak terkait agar Kempo dapat dipertandingkan pada POPDA JABAR namun baru tahun 2017 terselenggara Eksebisi POPDA Kempo yang dilakasanakan di Soreang Kabupaten Bandung dengan diikuti 17 kontingen dari berbagai Kabupaten / Kota di Jawa Barat.

Proses Pengajuan Cabor Kempo Jabar ke Dispora

Pekan Olahraga Daerah sejatinya dibawah Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi karena yang menentukan sebuah Cabor dapat di pertandingkan pada POPDA adalah Dinas Pemuda dan Olahraga. Sedangkan Pelajar di bawah naungan Dinas Pendidikan sehingga terjadi kerancuan dalam penanganan olahraga pelajar ini.

Untuk menghindari hal tersebut dibentuklah BAPOPSI (Badan Pembinaan Olahraga Pelajar Seluruh Indonesia) yang diberi tugas untuk mendata atlet atlet pelajar yang berprestasi di daerah masing masing.

Nah ini menyebabkan kebingungan rekan-rekan di daerah ketika akan mengajukan POPDA ke dinas terkait. BAPOPSI dalam hal ini hanya merekomendasikan agar Cabang Olahraga dapat dipertandingkan secara resmi di POPDA sedangkan yang menentukan sebuah cabang olahraga dapat di pertandingkan pada POPDA adalah DISPORA berdasarkan rekomendasi BAPOPSI.

Pembentukan badan badan semacam BAPOPSI ini memang akhirnya menimbulkan kebingungan bagi teman-teman Cabor ketika akan mengusulkan agar Cabor dapat dipertandingkan di POPDA/POPNAS.

Pengalaman kami di Jawa Barat adalah dengan melakukan komunikasi dan pendekatan kepada BAPOPSI dan DISPORA Provinsi pada akhirnya juga yang menentukan keputusan adalah DISPORA Jawa Barat.

Proses Panjang kami tempuh mulai dari pengajuan dari Bapopsi Kabupaten/Kota yang siap mengikuti POPDA Kempo hingga Eksebisi tapi tetap saja tidak berhasil… Kami baru berhasil masuk POPDA setelah mengadakan audiensi dengan Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jawa Barat pada tahun 2019 yang lalu.

Alhamdulillah memasuki tahun 2020 Kempo Insya Allah sudah masuk secara resmi di POPDA Jabar yang akan digelar pada bulan Agustus tahun 2020 di Kota Bandung. Sebagai ajang pertama Kempo diberikan kesempatan untuk mempertandingkan 10 Nomor pertandingan Embu dan Randori. Pada POPDA tahun berikutnya baru dapat di tambahkan nomor-nomor lainnya. Namun demikian dengan kesempatan ini kami Perkemi Pengprov Jawa Barat sangat bersyukur pada akhirnya Kempo dapat di pertandingkan di POPDA Jabar.

Demikian juga dengan Pengprov Jawa Tengah pada tahun lalu Sp. Irwan Cahyono menghubungi kami untuk bertukar pendapat agar Kempo dapat dipertandingkan di POPDA dan akhirnya setelah melalui proses yang cukup lancar Jateng pada tahun 2020 ini Kempo sudah resmi masuk POPDA bahkan 30 nomor dipertandingkan pada ajang tersebut untuk kategori SD 10 nomor, SMP 10 nomor dan SMA 10 nomor. Selamat untuk Jawa Tengah semoga akan diikuti oleh daerah lainnya agar POPNAS segera terealisasi.

Kesimpulannya adalah menurut pendapat kami terutama untuk POPNAS mendatang adalah dengan berkoordinasi dengan KEMENPORA karena keputusan cabor-cabor yang di pertandingkan di POPNAS adalah Kemenpora bukan BAPOPSI.

Di Kemenpora terdapat bidang olahraga prestasi pelajar dan senior nanti akan diarahkan ke Bidang Pembinaan Prestasi Pelajar di Kemenpora.

*Artikel telah dimuat di laman resmi Persaudaraan Shorinji Kempo Indonesia (PERKEMI) bertajuk Kempo Akan Segera Masuk Secara Resmi Pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah/POPDA Jawa Barat Tahun 2020

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami