Olahraga

Kendaraan Berbahan Bakar Fosil Dilarang Masuk Jakabaring Mulai Hari Ini

Asian Games 2018

BTN iklan

PALEMBANG, (LEI) – Kendaraan berbahan bakar fosil dilarang memasuki Jakabaring Sport City (JSC) Palemban. Itu diberlakukan pada seluruh pengunjung, tanpa terkecuali.

Sejumlah pengunjung kebingungan saat tiba di pintu gerbang utama JSC. Mereka dilarang masuk oleh petugas keamanan yang merupakan gabungan TNI, Polri, Pol PP dan keamanan JSC.

Setiap pengunjung diperiksa secara teliti oleh petugas jaga. Begitu pula dengan volunter. Dirut JSC, Bambang Suprianto, menyebut larangan kendaraan memasuki area JSC diterapkan mulai hari ini. JSC berharap konsep green sport city khusus untuk kawasan olahraga di Kota Pempek itu terwujud. Mereka memanfaatkan Asian Games 2018 sebagai awal. “Konsep green sport city ini sudah lama kita rencanakan bersama pemerintah di Sumatera Selatan. Mulai hari ini konsep itu diberlakukan selama berlangsungnya Asian Games,” ujar Bambang kepada detikSport, Kamis (16/8/2018).

Sebagai konsekuensinya, JSC bersama panitia pelaksana Asian Games (INASGOC) menyediakan fasilitas shuttle bus sebanyak 20 unit. Bus-bus itu berbahan bakar biofuel.

“Bus ini nanti akan mengelilingi komplek JSC untuk menjangkau semua lokasi di sini. Jadi pengunjung tak perlu khawatir soal transportasi di dalam,” katanya.

Selain shuttle bus, Bambang mengatakan 60 unit golf car (mobil golf) juga tersedia di pintu masuk. Tapi, golf car diprioritaskan bagi atlet, ofisial dan tamu peserta Asian Games.

“Semua sudah kita sediakan. Baik mobil golf sebanyak 60 unit dengan berbagai kapastitas, sepeda 150 unit dan terakhir ada 4 unit mobil hydrogen yang didapat dari pemerintah Ingris,” dia menjelaskan.
Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, mengatakan konsep green sport city sudah direncanakan sejak dari 2016. Rencana itu juga disebut mendahului Tokyo sebagai tuan rumah Olimpiade 2010.

“Tokyo 2020 baru terapkan konsep green sport city, kita sudah. Nah, ini artinya kita telah lebih dulu menerapkan ini sebelum Olimpiade di sana dimulai,” kata Alex.

Dengan konsep ini, Alex meyakini venue olahraga di JSC nantinya akan terbebas polusi udara. Bahkan menjadi contoh daerah lain yang ada di dunia, khususnya di Indonesia.

[Detik.com]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Baca Lainnya

Close

Adblock Detected

Tolong matikan adblocker anda untuk tetap mendukung kami