EkonomiFinansialLiputanNasional

Kendari Dorong Masyarakat Tingkatkan Konsumsi Ikan

BTN iklan

KENDARI, 30/4 (LEI) – Pemerintah Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), terus berupaya mendorong warga untuk memperbanyak atau meningkatkan konsumsi ikan demi kesehatan dan peningkatan kualitas sumber manusia Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kendari, Agus Salim Safarullah, di Kendari, Senin, mengatakan, beberapa upaya yang dilakukan adalah kampanye gerakan makan ikan.

“Cara lain adalah menggelar kegiatan masak serba ikan, meningkatkan konsumsi warga terhadap ikan dalam upaya ciptakan ketahanan pangan dan ciptakan menu baru berbahan baku ikan,” katanya.

Ia mengatakan, rata-rata konsumsi ikan di Kendari mencapai angka 50 kilogram per kapita per tahun, atau berada di atas tingkat konsumsi nasional.

“Meskipun tingkat konsumsi ikan sudah tinggi, bukan berarti gerakan memasyarakatkan makan ikan akan dihentikan,” ujar dia.

Menurut dia, seiring dengan laju globalisasi dimana pola dan selera makan terutama generasi muda, cenderung dipengaruhi iklan-iklan di media massa yang mempromosikan makanan cepat saji praktis dan barang impor, maka tidak tertutup kemungkinan konsumsi ikan di daerah itu akan turun.

“Jika hal itu dibiarkan maka akan mengancam keberadaan dan keberlangsungan produk makanan lokal yang nilai gizinya tidak kalah tinggi. Karena itu kami terus melakukan kampanye gerakan makan ikan,” katanya. [antara]

Kata kunci
Perlihatkan Lebih

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Related Articles

Close